Aksi Pengemis Beri Makan Anjing-Anjing, Viral dan Bikin Haru


Ilustrasi Seorang Pengemis Tua Yang Berbagi Makanan Dengan Anjing-anjing Liar (Foto: Twitter.com)


NAFAZNEWS.COM - Sepanjang tahun 2020 ini sepertinya begitu banyak orang yang merasakan kesulitan. Namun untuk mengimbangi kesulitan menjadi lebih mudah adalah dengan berbuat baik. Seperti yang dilakukan oleh seorang pengemis tua ini, ia memberikan makan kepada anjing-anjing liar yang kelaparan.

Padahal untuk makan dirinya saja mungkin susah. Namun karena ia begitu peduli maka ia rela berbagi makanan dengan anjing-anjing liar itu.



Berbuat baik itu menular, meskipun hanya dengan gerakan kecil namun dapat membuat perubahan besar. Di saat banyak orang membatasi diri untuk beraktivitas di luar rumah, tempat-tempat publik seperti pasar di tutup, tidak hanya manusia saja yang dirugikan.

Akan tetapi hewan-hewan liar yang bergantung dengan makanan pemberian orang di pasar juga ikut terdampak. Dalam kondisi yang sulit saat pandemi Covid-19, tidak banyak orang yang memikirkan untuk memberi makanan hewan-hewan yang kelaparan itu.

Ribuan anjing atau kucing liar bergantung pada pasar harian, restoran dan orang lokal yang mau memberi makan mereka seperti yang dilakukan pengemis tua ini.

Untuk berbuat baik memang tidak perlu menunggu kaya, namun ditanamkan sejak dini sebagai kebiasaan. Video yang viral di Twitter tersebut mencerminkan bahwa kekayaan yang sesungguhnya adalah kekayaan hati.

Terlihat dalam video yang diposting oleh akun @susantananda3 pada 16 Juli 2020. Video yang viral itu bercerita tentang seorang pengemis tua yang memberi makan kepada anjing-anjing liar. Cerita video itu menunjukkan kasih sayang sesama mahluk yang sebenarnya.

Pengemis itu memberi makan anjing liar dari piring makanannya. Dia terlihat duduk di samping anjing-anjing yang asik makan dari piring makanan yang ia berikan. Pemilik akun Twitter yang membagikan video tersebut menuliskan sebuah caption yang menyentuh.

“ Poor by wealth. Richest by heart. (Miskin harta. Kaya hati),” tulisnya.

Meskipun tidak ada kejelasan darimana rekaman video itu didapatkan namun aksi pengemis yang memberi makan anjing-anjing liar itu cukup menyentuh dan menyadarkan banyak orang.

“ Belas kasih telah menjadi sangat langka akhir-akhir ini. mari beri hormat kepada pria tua ini,” tulis salah satu akun di kolom komentar.

“ Orang yang memberi makan yang lain dari bagiannya sendiri adalah orang yang makan sepenuhnya,” tulis akun yang lain.

Sementara itu, pemilik akun @shivam_kumarrr juga menuliskan komentarnya. Ia mengatakan bahwa kasih sayang adalah lebih dari sekedar etika atau moral. Baginya belas kasih tidak meliki batas dalam hidup seseorang.

“ Di sini, belas kasih bekerja lebih dari sekedar etika atau moralitas. Moralitas tidak berpengaruh pada seseorang untuk memberi makan orang lain sedangkan dirinya sedang lapar. Sementara belas kasih tidak memiliki Batasan, bahkan dapat membuat seseorang mempertaruhkan nyawanya untuk melakukan kebenaran,” tulisnya.

Lockdown berakibat buruk pada hewan-hewan liar. Sebelumnya, pada bulan April lalu juga beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pria dan sekawanan anjing liar tertangkap kamera sedang minum susu yang tumpah di sebuah jalan di daerah Agra. Video tersebut menjadi sorotan yang menunjukkan betapa menyedihkannya Agra sebagai negara termiskin di dunia.

Menurut laporan di NDTV, setelah sebuah wadah susu besar terbalik dan tumpah di jalan daerah Ram Bagh Chauraha Agra, sekawanan anjing mulai minum susu yang tumpah.

Anjing-anjing itu ditemani seorang pria yang berusaha mengumpulkan tumpahan susu sebanyak mungkin dalam sebuat pot tanah kecil. Insiden itu diduga terjadi hanya sekitar 6 kilometer dari Taj Mahal.

Penting bagi kita sebagai manusia, di saat krisis seperti ini penting bagi kita untuk berbelas kasih kepada mereka yang membutuhkan termasuk sekawanan hewan liar.



Sumber: dream.co.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post