Sahkah Wudhu Sambil Berbicara?



NAFAZNEWS.COM - Sahkah wudhu sambil berbicara? Mungkin setiap orang dari kita pernah melakukannya. Baik disengaja amupun tidak. Lantas, apakah benar berbicara ketika berwudhu membuat wudhu tersebut tidak sah?

Menurut almarhum Syeikh Atiyyah Saqr, mantan ketua Komite Fatwa Al-Azhar, para ulama Muslim menegaskan bahwa sebenarnya berbicara saat wudhu tidak membatalkan. “Tapi, sebaiknya itu tidak dilakukan kecuali untuk berzikir atau ketika dibutuhkan, seperti menjawab salam,” ungkapnya seperti dikutip dari About Islam.

Seorang Muslim hendaknya tetap bisa berkonsentrasi selama dia berwudhu dengan berharap ridha Allah SWT terhadap segala apa yang dia lakukan. Berbicara saat wudhu memang diperbolehkan namun itu hanya untuk hal-hal kebaikan.

Syeikh Ibrahim Gulhum Imam di Kementerian Wakaf Mesir, juga pernah menjelaskan, bahwa menurut Fiqh Maliki dan Hanafi, seorang Muslim tidak boleh berbicara selama wudhu kecuali untuk berzikir atau memenuhi kebutuhan. “Sebab wudhu adalah syarat sahnya beberapa ibadah seperti sholat,” ungkapnya.

Jadi, seorang Muslim harus menyibukkan pikirannya untuk bisa memenuhi persyaratan tersebut sehingga dapat mempersiapkan dirinya untuk berdiri di hadapan Allah dalam kerendahan hati dan kesadaran. Karena itu pula, Syeikh Gulhum menyarankan tidak terlibat dalam pembicaraan yang tidak berarti selama berwudhu. “Sebaliknya, kita harus fokus berzikir.”

Nah, sekarang kamu sudah tahukan, sahkah wudhu sambil berbicara.



Sumber : Bertuahpos.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post