Kelurahan dan Desa di Kecamatan Tembilahan Hulu Perkuat Ketahanan Pangan

NAFAZNEWS.COM - Program ketahanan pangan penanaman buah dan sayur di wilayah Dusun Pandan Sari, Desa Sialang Panjang merupakan bentuk keseriusan dan semangat Polsek Tembilahan Hulu, Polres Inhil.

Kegiatan ketahanan pangan yang digagas oleh Polsek Tembilahan Hulu di tengah pandemi Covid-19, dilakukan agar dapat memberi manfaat bagi masyarakat disekitaran Mapolsek Tembilahan Hulu.

Kendati ditengah penerapan tatanan normal baru atau new normal, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino beserta jajarannya dan masyarakat setempat kembali melaksanakan penanaman biji semangka, gambas dan buncis, setelah panen perdana kacang panjang dilakukan beberapa waktu lalu.

Penanaman biji-bijian tersebut dilaksanakan langsung Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino bersama kelompok tani Benua Langkar dan kelompok tani PKH Dusun Pandan Sari dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

AKP Rhino saat diwawancarai oleh Indragirione.com, Kamis (13/8/20) mengatakan, dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat Kecamatan Tembilahan Hulu.

Kendati demikian Polsek Tembilahan Hulu harus menempuh langkah antisipasi dalam hal ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan yang dulunya tidak dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sayuran dan membudidayakan beberapa bebek petelur.

"Mengingat pandemi yang cukup berkepanjangan dan cukup membuat perekonomian masyarakat semakin melemah, program penanaman buah dan sayur serta bebek petelur merupakan salah satu program untuk menciptakan ketahanan pangan ditengah masyarakat," tuturnya Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino.

Dengan demikian, kekhawatiran akan ketahanan pangan saat penerapan tatanan normal baru atau new normal semoga tidak terjadi.

"Alhamdulillah, menanam buah dan sayur-mayur serta budidaya bebek petelur untuk ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19 dapat membantu masyarakat dan para kelompok tani," terangnya.

Gerakan ketahanan pangan tersebut terus digelorakan, tentunya kegiatan tersebut juga atas partisipasi steakholder yang ada, seperti ketahanan pangan di Desa Pekan Kamis mendapatkan pinjaman mesin mini tractor dari Dinas Pertanian. Menurut pantauan, kelompok tani disana sangat bersyukur dan langsung mengerjakan lahan mereka.

"Alhamdulillah semua kelurahan dan desa di Kecamatan Tembilahan Hulu sekarang ini memperkuat ketahanan pangannya sehingga kita harapkan masyarakat bisa mandiri dan produktif. tugas kita hanya menyepakati dan mendorong masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah ini" tukas AKP Rhino

Sumber: indragirione.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post