Telkom Beberkan Penyebab Indihome Tumbang, Telkomsel Bagi-bagi Paket

NAFAZNEWS.COM - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom beberkan penyebab layanan broadband internet, Indihome, tumbang pada Kamis, 13 Agustus kemarin. Menurut Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, gangguan berasal dari salah satu Domain Name Server (DNS) yang fungsinya tak berjalan semestinya.

DNS adalah server yang menerjemahkan alamat IP milik host. "Inilah yang menyebabkan putusnya trafik internet yang umumnya terjadi 5-10 menit. Di sejumlah lokasi, seperti Slipi, Bekasi, dan Bandung membutuhkan waktu recovery lebih lama, hingga maksimal 25 menit. Hari Kamis pukul 10.45 WIB, trafik dan semua layanan sudah pulih," kata dia, Jumat, 14 Agustus 2020.

Pria yang akrab disapa Bobby itu menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini. "Telkom Group akan terus mengupayakan percepatan perbaikan layanan sehingga pelanggan dapat kembali menggunakan layanan seperti sediakala," tuturnya. 

Sementara itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengaku telah menghadirkan paket khusus bagi pelanggan yang ada di 94 kota wilayah operasional Telkomsel Regional Sumatera bagian Utara dan Tengah yang juga terdampak penurunan kualitas layanan pada Selasa, 11 Agustus lalu.

Ia menjelaskan paket data ini sebesar 5GB di seluruh jaringan, 100 menit telepon, dan 100 SMS untuk sesama nomot Telkomsel yang berlaku dua hari sejak pengaktifannya.

Paket internet ini bisa digunakan untuk pengguna layanan prabayar dan pascabayar mulai 13 hingga 19 Agustus 2020. Caranya dengan mengaktifkan mengetik *888*20# hanya Rp1. "Paket ini dapat diakses maksimal satu kali untuk tiap pelanggan selama periode aktivasi. Semoga dapat dimanfaatkan oleh pelanggan kami untuk saling terhubung," papar Denny. 

Sebagai informasi, gangguan Indihome pada Kamis pagi telah membuat mayoritas pengguna mengeluh. Sebab, proses kerja atau belajar jarak jauh mereka menjadi terganggu.

Saat ini Telkom melaporkan bahwa layanan Indihome telah kembali normal. Adapun jaringan Telkomsel bermasalah akibat kebakaran STO Telkom di Pekanbaru, Riau. Akibatnya, layanan telp (voice) dan SMS tidak bisa digunakan, serta akses data Internet mengalami penurunan kualitas di sejumlah wilayah Sumatera.




Sumber: viva.co.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post