Usai RTLH di Tembilahan, Dandim 0314/Inhil Tinjau Rehab Rumah di Koramil 12/Batang Tuaka

NAFAZNEWS.COM - Tidak hanya dilaksanakan oleh satuan Kodim 0314/Inhil, program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga merambah ke satuan dibawah naungan Kodim 0314/Inhil, yakni di wilayah Koramil 12/Batang Tuaka.

Rabu (12/08/2020) siang, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal dengan didampingi Pasi Ter Kapten Inf Anwarsyah Siregar dan Personil Kodim 0314/Inhil melakukan peninjauan pengerjaan pembangunan RTLH di wilayah Koramil 12/Batang Tuaka tersebut.

Warga yang mendapatkan bantuan program RTLH itu adalah ibu Helda, seorang pembantu rumah tangga berumur 45 tahun yang beralamat di RT 004 RW 001 kelurahan Sungai Piring, kecamatan Batang Tuaka. Ia tinggal di rumah seadanya itu bersama saudarinya Fatimah dengan keadaan ekonomi yang jauh dari kata cukup.

Untuk diketahui, program RTLH Kodim 0314/Inhil di wilayah Koramil 12/Batang Tuaka itu bekerjasama dengan seorang pengusaha di Sungai Piring, bapak Akui yang juga seorang penggiat sosial dan dikenal sering berbagi serta membantu sesama.

"Rumah yang kita bangun ini pada mulanya merupakan lahan kosong. Pada mulanya kita berencana untuk merubuhkan terlebih dahulu yang rumah di belakang itu untuk dilakukan renovasi dan pembesaran. Namun menilik berbagai faktor dan dimana mereka mau tinggal jika dirubuhkan, maka kita bangunkan didepannya, setelah itu baru kita satukan untuk direnovasi menjadi lebih baik," sebut Akui saat menjelaskan di lokasi rehab rumah, Rabu (12/08/2020).

Pada pembangunan tersebut dikerjakan oleh Serda Januar Effendi selaku Babinsa di wilayah Sungai Piring dengan dibantu oleh tukang untuk membantu proses pengerjaannya. Nantinya, rumah tersebut dicanangkan akan memakai lantai triplek dengan tebal 12 mili dengan dinding rumah GRC.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal sembari meninjau lokasi bedah rumah, ia mengatakan bahwa Kodim 0314/Inhil akan terus secara perlahan menyisir dan memberi bantuan program RTLH kepada masyarakat Inhil.

"Tidak hanya untuk masyarakat Tembilahan saja, untuk daerah daerah lain di Inhil juga akan kita gencarkan program ini untuk membantu sesama guna mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Apapun yang kita lakukan itu harus berlandaskan ibadah, inisiatif kita harus karena ibadah, ini juga merupakan kepuasan bathin yang kita dapatkan dengan saling tolong menolong," sebut Dandim 0314/Inhil.

Letkol Inf Imir Faishal juga mengajak bagi para dermawan atau siapapun yang memiliki rezeki berlebih agar kiranya dapat menyisihkan sebagian kecil untuk membantu sesama.

"Saya berterimakasih juga kepada mitra Kodim 0314/Inhil pak Akui yang telah ikut membantu Satkowil. TNI tidak bisa bergerak sendiri tanpa rakyat, kita butuh sinergi bersama rakyat untuk mencapai satu kesatuan yang hebat dan utuh," tutur Dandim 0314/Inhil.

Sementara itu, bapak Akui juga mengucapkan rasa syukur karena memiliki seorang Komandan Kodim seperti sosok Letkol Inf Imir Faishal yang senang membantu sesama dan sebagai seorang penggagas yang hebat.

"Kami sangat bersyukur punya Dandim yang perhatian dengan warga kami. Beliau menjadi penggagas yang hebat untuk wilayah kami ini, berkat gagasan beliaulah kami dapat terpanggil untuk ikut bersama membantu dan menjalankan program RTLH yang diselenggarakan oleh Kodim 0314/Inhil beserta jajaran diatasnya," cetus Akui.

Dalam peninjauan oleh Dandim 0314/Inhil tersebut, juga turut dihadiri Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Arh Uwin Suharto dan Babinsa Sungai Rawa Koptu Ronald Manalu. RLS

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close