Cara Ampuh Menagih Utang agar Temanmu Cepat Bayar

NAFAZNEWS.COM - Tak dipungkiri, setiap orang pasti pernah memiliki hutang meskipun cuma sedikit. Dan sekali seumur hidup, mungkin kamu pernah merasakan suka duka saat uangmu dipinjam. Alih-alih langsung dibalikin oleh temanmu yang meminjam itu, dia malah kadang suka pura-pura lupa. Amnesia tiba-tiba saat ditagih.

Mungkin kamu jadi bingung bagaimana cara menangihnya. Rasa sungkan, takut dan gak enak bikin kamu gamang. Tenang, berikut tips dan trik nagih hutang yang bisa kamu terapkan.

1. Pura-Pura, "Ya Ampun, Uangku Kurang Nih! Oh, Ya Uangku Ada Di Kamu Kan Ya Kemarin 100 Ribu? Bayarin Dulu Dong…"
Saat kalian keluar bareng, ajak makan di suatu tempat. Saat di kasir kamu pura-pura uangmu kurang, jadi deh dia bayar utangnya secara otomatis dan kamu bisa mengurangi sedikit hutangnya melalui barang-barang yang kamu beli.

2. Ledek Dia Saat Tanggal Muda, "Wah, Baru Gajian…Banyak Duit Nih!"
Saat akhir bulan atau tanggal muda, biasanya ia gajian. Coba saat santai bersama, sindir dia dengan halus dan beralasan gajian dan menyinggung tentang hutangnya. Kamu juga bisa membuat alasan dengan belum terima gaji dan uang kamu sudah menipis.

3. Cerita Tentang Seseorang Yang Punya Hutang Tapi Gak Pernah Bayar. Bisa Nyata Bisa Juga Cerita Fiktif.

"Aku kesel sama temanku itu, pas lagi butuh uang dia ke aku. Eh, pas lagi gak butuh dia pergi gitu aja, kesel gak sih punya temen kaya gitu?!"

Pasti dia langsung kesindir.

4. Atau Cerita Tentang Temen Yang Hobi Belanja Namun Gak Pernah Bayar Hutang.
Ya ampunn, tahu gak sih si bla…bla…itu gayanya selangit, tapi utang gak pernah bayar. Kamu kalau punya temen kaya gitu enaknya diapain?"

Enaknya di buang ke laut aja!

5. Saat Sedang Ketemu Dia, Pura-Pura Saja Kamu Menginginkan Suatu.
Saat kamu bersama temanmu yang punya hutang tersebut, kamu pura-pura pegang sesuatu yang kamu inginkan, seperti baju. Terus kamu bilang "Aduhh, bagus banget ya bajunya, sayang duitnya masih dihutangin! (dengan ekspresi muka sedih).

6. Biar Perjuanganmu Nagih Hutang Makin Mempan, Sindir Dia Depan Teman-Temannya.

Jika cara halus gak juga mempan, kamu sindir di depan teman-temannya. Biasanya mereka yang punya hutang akan malu bila ketahuan punya hutang. Sadis sih, tapi gak ada cara lain kan buat menagih hutangnya?

7. Dia Masih Pura-Pura Amnesia Buat Bayar Hutang? Minta Bantuan Teman Atau Keluarganya.

Saat kalian menjadi teman, otomatis juga kamu kenal dekat dengan keluarganya. Coba kamu bicarakan secara baik-baik dengan keluarganya. Siapa tahu dari mereka ada yang bersedia untuk membantu.

8. Masih Gak Mempan Juga? Wah Kayaknya Dia Minta Dihipnotis. Ajak Dia Ke Paranormal!

Cara ekstrim lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan hipnotis. Biar gak terkesan jahat, ajak dia ke paranormal. Datangi paranormal bareng dia dan minta ia dihipnotis. Kali aja dia mau bayar utang setelah dihipnotis. Hehehehe

9. Ceritain Bahwa Dalam Agama, Orang Yang Punya Hutang Gak Akan Tenang Di Alam Baka.

Kamu jelasin bahwa agama melarang kita untuk berhutang terlalu lama. Karena usia manusia gak ada yang tahu, maka di alam kubur sana orang yang punya hutang akan dimintai pertanggung jawaban nantinya.

10. Kalau Dia Masih Bebal, Serahkan Saja Pada Tuhan. Banyak-Banyak Berdo'a Biar Tuhan Mengubah Hatinya.
Satu-satunya usaha terakhir yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus berdoa agar Tuhan membukakan pintu hatinya untuk membayar hutangnya.

11. Kalau Berbagai Cara Masih Gak Bisa? Coba Datangi Rumahnya, Ketuk Pintunya Dan Bilang "Balikin Duit Gue Sekarang Juga!".
Kalau kamu berani sih, hehehehe. Sebelum beneran ke rumahnya, share dulu artikel ini ke media sosial dia, biar makin ngerti!


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post