DPAD Inhil Beri Pembinaan ke 7 Sekolah di Batang Tuaka

NAFAZNEWS.COM - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Indragiri Hilir (Inhil), H Yulizal memberikan pembinaan pustaka ke 7 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di Kecamatan Batang Tuaka, Rabu 9 September 2020.

Turut mendampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Perpustakaan Nur Aini, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Pustaka Siti Marwa, Koordinator Wilayah (Korwil) dari Dinas Pendidikan dan Camat Batang Tuaka.

Adapun 7 sekolah yang diberikan pembinaan saat itu, yakni SD 01, SD 02, SD 03 dan SD 04, SMPN 01 dan SMPN 02, serta SMA Tuah Gemilang Kecamatan Batang Tuaka.

"Pembinaan yang diberikan terkait  dengan pengelolaan perpustakaan mulai dari nama perpustakan, struktur petpustakaan, serta fasilitas dan penataan buku agar menarik minat baca siswa dan masyarakat," ujar Kabid Penyelenggaraan Perpustakaan Nur Aini  seperti dikutip dari laman indragirione.com.

Kemudian, pengembangan ruang baca yang tidak hanya  dilakukan di dalam ruangan saja, tetapi juga bisa memanfaatkan halaman sekitar sekolah, dalam upaya meningkatkan gemar membaca bagi anak didik yang ada di setiap sekolah.

"Kalau dari peninjauan kita langsung di lapangan, di setiap sekolah sudah ada ruang Pustakanya, tapi mereka tidak memfungsikan dengan maksimal," terang perempuan berhijab yang akrab disapa Oma ini.

Selain itu, masih ada beberapa sekolah yang masih menggabungkan ruang pustaka dengan ruang laboratorium dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), bahkan ada gedung perpustakaan dijadikan ruangan Majelis Guru.

"Semoga dengan adanya pembinaan ini, ke depan hendaknya mereka memperhatikan perpustakaan sekolah dan bisa menata perpustakaan menjadi lebih baik lagi," tambah Oma.

Kepala DPAD Inhil, H Yulizal mengungkapkan bahwa program pembinaan ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh DPAD.

"Oleh karenanya, kami turun langsung melihat ke lapangan dan berdasarkan peninjauan masih banyak perpustakaan sekolah belum memiliki nama dan struktur perpustakaan, serta kurangnya buku bacaan dan ada juga buku bacaan sepuluh tahun yang lalu. Ini merupakan PR kita semua, untuk pengadaan buku bacaan yang baru agar minat baca siswa akan lebih meningkat," katanya.

Disamping itu, masih banyak perpustakaan sekolah yang perlu direhab dan bahkan masih ada sekolah yang belum memiliki gedung pustaka.

Selanjutnya dijelaskan Yulizal, kegiatan pembinaan ini dilakukan untuk mengakreditasi perpustakaan sekolah, dalam rangka pengusulan mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

"Target DPAD tahun 2021, sepertiga dari jumlah sekolah yang ada di Kabupaten Inhil telah memiliki NPP guna menyukseskan program nasional Satu Sekolah Satu Perpustakaan, sesuai dengan ungkapan Buku adalah Gudang Ilmu dan Membaca adalah Kuncinya, karena dengan membaca seolah-olah kita telah membuka jendela dunia, dan untuk itu perpustakaanlah tempatnya," tegas Yulizal.


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post