Ilmuwan Belgia Latih Tikus untuk Deteksi Virus Corona

ilustrasi
NAFAZNEWS.COM - Para ilmuwan sedang berusaha melatih tikus untuk membantu memerangi virus corona Covid-19. Mereka melatihnya supaya tikus bisa mendeteksi virus mematikan tersebut.

Sebelumnya, hewan pengerat itu telah diakui bisa mengendus ranjau darat eksplosif yang tersembunyi. Kini, tikus perlu dididik untuk mendeteksi virus corona Covid-19 dengan cara mengendusnya.

Magawa, tikus raksasa Afrika ini memenangkan medali George Cross setelah menemukan 39 cucian dan 28 amunisi yang tidak meledak tahun ini berkat hidungnya yang sangat sensitif.

Kini, jenis tikus yang dikenal sebagai Tikus Pahlawan itu bisa mendapatkan pelatihan yang mengasah kemampuan hidungnya terhadap senyawa kimia dalam virus corona Covid-19.

Ilmuwan dari organisasi Apopo di Belgia dan berbasis di Tanzania bisa memberikan pelatihan yang dibutuhkan tikus dalam peperangan melawan virus corona Covid-19.

Meskipun rencana ini terdengar sangat aneh atau mustahil. Tapi, hewan pengerat ini telah terbukti mampu mengendus kasus awal tuberkulosis.

Ilmuwan pun berusaha mempekerjakan tikus untuk mengendus penyakit pada pasien di Tanzania. Hasilnya, tikus bisa mendeteksi virus pada lebih dari 40 persen kasus daripada tes rumah sakit.

Ceo Apopo, Christophe Cox pun berharap tikus bisa mengungkap kasus virus corona Covid-19 dengan cara serupa. Meskipun sekarang ini ia belum mengetahui peluang keberhasilannya.

"Pertanyaan mengenai apakah tikus bisa membantu mendeteksi virus corona itu selalu muncul. Tapi, saya belum tahu jawabannya. Saya hanya meyakini bila anjing bisa melakukannya, maka tikus juga bisa," jelas Christophe Cox dikutip dari Daily Star.

Menurut Christophe, tikus bisa mendeteksi atau mengendus penyakit apapun dengan bau yang unik atau tidak biasa.



sumber: himedik.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post