Luhut Pandjaitan Optimis, Kuartal III Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Minus 2%, ''Ini Crucial Time, Kita Ingin Angkat Defisit dari Kemarin...''

NAFAZNEWS.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara mengenai angka pertumbuhan ekonomi.
Dia mengatakan kuartal III ini adalah waktu yang sangat krusial.

Luhut menyebut pemerintah berupaya untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi. Meski masih minus, Luhut mengatakan pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di angka minus 2% pada kuartal III.

"Kuartal III ini buat kita crucial time. Kita ingin angkat defisit kita dari minus kemarin, ke dekat pada angka 2% minus," ungkap Luhut dalam acara penandatanganan PPJT Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Sebelumnya, pada kuartal II, ekonomi Indonesia terkontraksi di minus 5,3%. Bila angka minus ini berulang di kuartal III, maka Indonesia masuk jurang resesi.

Seperti diketahui, resesi sendiri terjadi apabila perekonomian suatu negara terkontraksi alias minus selama dua kuartal berturut-turut. Beberapa negara tetangga pun sudah masuk ke dalam jurang resesi, seperti Singapura, Thailand, Malaysia, hingga Filipina.

Kembali ke Luhut, secara tahunan dia menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 0,5%. Atau paling buruk minus 0,5%.

"Pada tahun ini kita berharap tentu bisa mungkin minus 0,5% atau plus 0,5% untuk growth-nya," ujar Luhut.

 

Sumber Berita: detik.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post