Menhan China Bahas Stabilitas Laut China Selatan, Prabowo Covid-19 dan Alutsista

Kapal perang China terus bersiaga di Laut China Selatan.
NAFAZNEWS.COM -  Menteri Pertahanan China Wei Fenghe menemui Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto di kantor Kementerian Pertahanan Indonesia, Jakarta, Rabu (9/9/2020). Kedua menhan membahas hubungan bilateral dan kerja sama militer antarkedua negara.

Seperti dikutip Xinhua, Wei mengatakan, Indonesia merupakan negara tetangga di Asia yang penting bagi China. China dan Indonesia, menurut dia, telah mendukung dan membantu satu sama selain sejak pandemi Covid-19 merebak.

"Tahun ini menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara, kedua belah pihak harus memperdalam dan memperluas kerja sama di berbagai bidang, sehingga dapat mendorong pembangunan hubungan bilateral yang mantap dan berkelanjutan," ujar Wei.

Menurut dia, militer China siap untuk melaksanakan konsensus penting yang dicapai antara para pemimpin kedua dan lebih lanjut mempromosikan hubungan bilateral dengan memperkuat komunikasi strategis dan meningkatkan kerja sama pertahanan dan keamanan.

"Saat ini situasi di Laut China Selatan secara umum tetap stabil berkat upaya bersama China dan negara-negara ASEAN dan China bersedia memperkuat dialog dan konsultasi dengan Indonesia untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," kata Wei dilansir dari cnbcindonesia.

Sementara itu, Prabowo memuji pencapaian signifikan yang dibuat pemerintah dan militer China dalam perang melawan Covid-19. Prabowo juga mengungkapkan terima kasih yang tulus kepada militer Cina yang telah memberikan bantuan dalam pencegahan pandemi Covid-19 kepada militer Indonesia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, China merupakan mitra penting bagi Indonesia. Prabowo juga berkomitmen untuk lebih meningkatkan hubungan yang telah terjalin erat antarkedua negara.

"Militer Indonesia bersedia memperkuat kerja sama dengan pihak China di berbagai bidang seperti pertukaran kunjungan, pelatihan bersama, dan teknologi alutsista untuk mendorong pengembangan hubungan yang berkelanjutan antara kedua angkatan bersenjata," ujar Prabowo.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post