Dirikan Partai Ummat, PAN: Amien Rais Sudah Bukan Keluarga Besar Kami

NAFAZNEWS.COM - Pendirian Partai Ummat oleh Amien Rais membuat posisinya otomatis keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang ia dirikan. Amien yang sekarang, kini tidak lagi identik dengan PAN.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Amien Rais kekinian sudah bukan bagian dari partai yang saat ini diketuai Zulkifli Hasan.

"Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN. Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," tutur Viva kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Sementara itu, terkait kehadiran Partai Ummat, Viva mengucapkan selamat datang di gelanggang politik.

Ia berujar, meski didirikan oleh Amien, namun ideologi antara PAN dan Partai Ummat jelas berbeda.

"Secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi Nasionalis-Religius, Partai Ummat itu partai Islam. Keperbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat," ujar Viva.

Diketahui, politikus senior Amien Rais menyampaikan partai baru bentukan dirinya yang ia beri nama Partai Ummat. Hal itu ia sampaikan melalui akun YouTube Amien Rais Official pada siang ini.

Dalam tayangan yang disiarkan secara langsung, Amien dalam videonya mengatakan Partai Ummat siap bekerja dan berjuang melawan kezaliman.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," kata Amien, Kamis (1/10/2020)  seperti dikutip dari laman suara.com.


Amien menegaskan, Partai Ummat tetap memegang teguh Pancasila dan UUD 1945. Dalam pernyataan di durasi akhir video, Amien sekaligus menyerukan takbir dan merdeka.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal. Akhirnya iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan allahuakbar, merdeka," tutur Amien.

Sementara itu di bagian akhir video, sebagai penutup, Amien Rais menyertakan tulisan yang mengajak masyarakat untuk berjuang bersama Partai Ummat.

"Mari berjuang bersama Partai Ummat."

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post