Hindarkan Benturan Dengan PKS, Amien Rais Harus Reposisi Basis Partai Ummat Bukan Pemilih Islam

Amien Rais
NAFAZNEWS.COM - Mantan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Amien Rais resmi melahirkan partai baru. Melalui akun Youtube Kamis (1/10), Amien mengumumkan partainya bernama Partai Ummat.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno berpendapat dari segi nama, Partai Ummat yang didirikan mantan Ketua MPR RI ini akan menyasar ceruk pemilih Islam yang kritis dan berjarak dengan rezim pemerintahan Joko Widodo.

Secara politik, dijelaskan Adi, Partai Ummat nantinya akan berebut dengan basis pemilih Partai Keadilan Sosial (PKS). Alasannya PKS sejauh ini adalah partai berbasis Islam yang konsisten menjadi opisisi pemerintah.

"Memiliki satu konotasi menyasar pemilih Islam yang kritis vokal dan anti pada pemerintah. Pak Amien sepertinya dari segi nama Partai Ummat ingin menyasar pemilih yang secara sederhana adalah pemilih PKS," demikian kata Adi, Sabtu (2/10) seperti dilaporkan Rmol.id.

Adi berpandangan, jika Partai Ummat ingin berkembang dan diterima oleh masyarakat, maka tugas pertama Amien Rais adalah menghadirkan ke publik Partai Ummat adalah partai inklusif.

"Perlu ada repositioning bukan partai kelompok kecil tapi partai inklusif, supaya sejak awal bisa menggaet massa mengambang yang jumlahnya berada di angka 75 persen," demikian analisa pengajar UIN Syarif Hidayatullah ini.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post