HUT TNI Ke-75, Jokowi: Selain Perang, Tentara Juga Sigap Tangani Pandemi



NAFAZNEWS.COMPresiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peringatan ke-75 Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia atau HUT TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10/2020). Upacara digelar dengan protokol kesehatan.

Dalam acara tersebut, tampak hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, peringatan HUT TNI ke-75 tahun, bukan hanya dirayakan anggota dan keluarga besar TNI, tapi dirayakan oleh rakyat Indonesia.

"Atas nama rakyat bangsa dan negara saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari Hari Ulang Tahun TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut perjalanan panjang TNI sejak kemerdekaan hingga saat ini, telah menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara.

TNI, kata Jokowi, juga telah menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Jokowi menuturkan TNI juga berkontribusi bukan hanya melaui operasi militer untuk perang, namun sigap membantu rakyat dalam menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19.

"Sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui operasi militer untuk perang tetapi juga melalui operasi militer selain perang yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk dalam menghadapi pandemi covid 19 sekarang ini," tutur dia seperti dilaporkan suara.com.

Kepala Negara juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negara.

"Atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI, kepada para prajurit yang sedang bertugas di manapun, juga kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah," kata Jokowi.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post