Ingin Ekonomi Kembali Pulih, Kementerian Keuangan Beri Saran Ini, atau...

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu.
NAFAZNEWS.COM - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah pusat.

Pemerintah daerah juga harus ikut berperan terutama dalam merealisasikan belanja untuk penanganan Covid-19.

Menurutnya, belanja yang dilakukan Pemda melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan sangat membantu terutama mengurangi dampak pandemi Covid-19 bagi pelaku usaha di daerah.

"Belanja di daerah, penting sekali untuk dipastikan ada semacam countercyclical seperti (belanja) pemerintah pusat. Jangan sampai pemerintah pusat fokus counter, pemda justru terhambat realisasinya," ujarnya dalam media briefing virtual, Jumat (2/10/2020).

Ia mengakui tidak mudah untuk pemerintah pusat mengontrol belanja yang dilakukan Pemda. Oleh karenanya, ia berharap realisasi belanja bisa dilakukan dengan cepat sehingga sejalan dengan percepatan yang dilakukan pemerintah pusat.

"Itu bagian yang enggak bisa diprediksi akurat. Tapi ke depan harus semakin bisa melihat, bukan hanya dalam konteks komunikasi. Ini juga sedang dipikirkan bagaimana hubungan keuangan pusat dan daerah," jelasnya.

Lanjutnya, untuk hal ini Presiden Joko Widodo pun sempat mengundang para pemimpin daerah mulai dari Gubernur hingga Walikota untuk mempercepat realisasi belanja daerah. Dengan demikian maka, masyarakat daerah bisa tetap terbantu terutama UMKM agar bisa terus berdaya tahan.

Kemenkeu pun dipastikan akan terus melakukan kontrol terhadap keuangan daerah meski tak mudah.

"Karena ini pertama kan desentralisasi, lalu desentralisasi politik dan keuangan. Sebenarnya kita harus evaluasi, uang yang ditransfer ke daerah itu spendingnya untuk apa, output outcome bagaimana. Itu harus dievaluasi terus," tegasnya.


Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post