Kapal Perang Kanada Berlayar Lewat Selat Taiwan

Kapal Perang Kanada Berlayar Lewat Selat Taiwan
NAFAZNEWS.COM - Kanada tampaknya sedang bermain api dengan China. Terlihat ketika sebuah kapal perang Kanada berlayar melalui Selat Taiwan yang sudah dipastikan dapat membuat marah Beijing.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan korvet Kanada telah berlayar ke Selat Taiwan dari Laut Cina Selatan dan menuju ke arah utara setelah meninggalkan jalur air pada Sabtu (3/10).

Angkatan bersenjata Taiwan memantau kapal tersebut saat berada di selat, dalam situasi yang normal.

Dimuat Reuters, insiden tersebut bukan kali pertama. Angkatan Laut Kanada pernah berlayar melalui Selat Taiwan, termasuk pada September tahun lalu.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang menggunakan Selat Taiwan sebagai jalur reguler.

Sementara itu, China cenderung mengecam pelayaran semacam itu. Pada Agustus misalnya, China menyebut apal perusak berpeluru kendali USS Mustin yang berlayar melalui selat itu sebagai langkah "sangat berbahaya".

Selama ini, China memang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Beberapa waktu terakhir Beijing meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Taiwan.

Sedangkan, hubungan antara China dan Kanada sekarang tengah memburuk, khususnya setelah Kanada menangkap keuangan raksasa telekomunikasi China Huawei Technologies, Meng Wanzhou, pada akhir 2018.

Meng ditangkap atas surat perintah dari AS yang menuduhnya melakukan penipuan bank karena menyesatkan HSBC tentang urusan bisnis Huawei di Iran dan menyebabkan bank tersebut melanggar UU sanksi AS.

Segera setelah penahanan Meng, China menangkap warga Kanada Michael Spavor dan Michael Kovrig, menuduh mereka melakukan spionase.





sumber: rmol.id.  

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post