Omnibus Law Diklaim Ciptakan 3 Juta Lapangan Kerja pada 2021

NAFAZNEWS.COM - Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim jika UU Omnibus Law Cipta Kerja mampu menciptakan 3 juta lapangan kerja baru.

Termasuk di dalamnya, lapangan kerja langsung maupun tidak langsung atau pekerjaan yang tercipta sebagai dampak pengganda (multiplier effect).

"Yang BKPM catat ini adalah yang langsung, padahal kalau yang tidak langsung ini bisa sampai dengan 3 juta," imbuhnya dalam paparan Realisasi Investasi Kuartal III 2020, Jumat (23/10).

Untuk lapangan kerja baru yang sifatnya langsung sebagai dampak investasi masuk, ia menuturkan jumlahnya ditargetkan minimal 1,3 juta pada tahun depan. Target tersebut mempertimbangkan jumlah tambahan angkatan kerja baru setiap tahunnya kurang lebih 2,9 juta.

Dari pekerjaan baru tersebut, lanjutnya, bisa menciptakan dampak pengganda kepada sektor bisnis di sekitarnya. Misalnya, subkontraktor, UMKM yang memberikan suplai, dan sebagainya.

"Kalau bicara perusahaan itu, ada tenaga kerja langsung dan tidak langsung. Bahkan, yang tidak langsung ini bisa 3 kali-4 kali lipat dibandingkan dengan tenaga kerja langsung karena ada ekosistem yang terbangun di situ," ungkap Bahlil.

Bahlil meyakini UU Cipta Kerja akan mendorong realisasi investasi tahun depan. Selanjutnya, investasi tersebut bisa menambah lapangan kerja baru.

Namun, ia menuturkan tambahan lapangan kerja tersebut tidak bisa dihitung per realisasi investasi yang masuk. Pasalnya, terdapat 2 jenis investasi meliputi investasi berbasis hilirisasi yang padat teknologi dan investasi padat karya.

"Pendekatannya pasti beda, kalau bicara industri pasti tenaga kerjanya tidak sebanyak padat karya. Oleh karena itu, tidak mesti setiap nilai uang yang dikucurkan untuk investasi pada konteks perusahaan yang gunakan teknologi itu sama dengan padat karya," tuturnya.

Untuk diketahui, realisasi investasi yang masuk ke Indonesia sebesar Rp611,6 triliun hingga kuartal III 2020. Dari investasi ini, penyerapan tenaga kerja tercatat sebanyak 861.581 orang, dilakukan untuk 102.276 proyek.



Sumber Berita: cnnindonesia.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post