Pilkada 2020 Disebut Mendagri Dapat Tekan Penyebaran Covid-19

NAFAZNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberi tanggapan soal Pilkada serentak 2020.

Meski menuai pro dan kontra dari beberapa pihak, Pilkada serentak 2020 tetap digelar di tengah pandemi Covid-19.

Tito Karnavian optimis penyelenggaraan Pilkada 2020 ini dapat berjalan aman dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

Pendapatnya itu berkaca pada pelaksanaan kampanye yang hingga kini telah menginjak hari ke-6.

Walau terjadi beberapa pelanggaran terhadap protokol kesehatan Covid-19 selama kampanye, namun dilaporkan pelanggaran tersebut tidak terlalu signifikan.

Sebagaimana diberitakan Wartaekonomi.co.id dalam artikel "Mendagri: Kita Optimis Pilkada Berkontribusi Menekan Penyebaran Covid-19", Mendagri Tito menjabarkan beberapa pelanggaran yang terjadi selama kampanye enam hari ke belakang.

"Kampanye sudah dilaksanakan 6 hari, tadi di laporan kita dengar, (terjadi pelanggaran di) 53 wilayah dari 309 wilayah. Artinya, lebih kurang proporsinya sekitar 15 persen yang melanggar, tapi pelanggarannya tidak terlalu signifikan, tidak seperti pada saat tanggal 4-6 September (masa pendaftaran bakal paslon)," kata Mendagri.

Dengan demikian, Mendagri menilai arahan dan imbauan selama ini sudah dijalankan dengan baik oleh seluruh otoritas yang ada, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Mendagri membahasakan mesin pusat dan daerah sudah berjalan dalam menjaga protokol kesehatan Covid-19 agar dipatuhi oleh seluruh paslon, tim sukses, dan masyarakat. Untuk itu, Mendagri meminta agar konsistensi tersebut dapat terus dijaga.

"Bahkan lebih dari pada itu kita optimis Pilkada berkontribusi dalam menekan penyebaran Covid-19," ucap Mendagri.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post