Tiga Menit di Mobil Tahanan, Jaksa Dituding Lalai

NAFAZNEWS.COM - Foto dan video mesra Jerinx SID dengan istrinya Nora Alexandra di mobil tahanan jadi sorotan.

Jerinx dan Nora melepas rindu di mobil tahanan kejaksaan usai menjalani persidangan pada Selasa (29/9).

Kejaksaan Negeri (Kejati) Bali menilai ada kelalaian dalam pelaksanaan standard operating procedure (SOP) yang dilakukan saat pengawalan tahanan.

"Terkait adanya peristiwa Nora, istri Jerinx berada di mobil tahanan seusai persidangan Selasa, 29 September 2020, dapat disampaikan bahwa melihat dari pemberitaan terkait peristiwa tersebut diduga ada kelalaian dalam pelaksanan SOP pengawalan tahanan," ucap Kasi Penerangan Hukum Kejati Bali, Luga Harlianto, sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

Kejati Bali akan melakukan evaluasi dan menekankan agar peristiwa itu tidak terulang lagi, baik dalam persidangan perkara Jerinx atau persidangan kasus lainnya.

"Pada prinsipnya tidak ada perlakuan istimewa apapun terhadap terdakwa Jerinx," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa harus diketahui secara lengkap dan komprehensif dari awal kenapa Jerinx sampai mendapat keistimewaan bermesraan dengan Nora di mobil tahanan.




"Pada prinsipnya secara lisan pimpinan maupun pada saat persidangan itu tidak pernah melakukan perlakuan spesial khusus kepada Jerinx. Yang jelas pimpinan sudah mengingatkan agar tidak terulang kembali peristiwa tersebut," tegasnya.

Terkait apakah ada tidaknya sanksi diberikan kepada jaksa atau pengawal tahanan, Luga menegaskan akan mengevaluasi terbit dahulu.

Lantas bagaiman seharusnya penerapan SOP pengawalan tahanan dilakukan?

Kata Luga, pada dasarnya tahanan harusnya berada sendirian di dalam mobil tahanan dan didampingi oleh pengawal.

"Kalau kita sudah ada SOP pengawalan tahanan berikut didalamnya terhadap bagaimana tahanan itu di berada mobil tahanan. Nah, itu pada prinsipnya tahanan saja yang ada di sana, lalu kedua pada posisi terborgol" katanya.

"Kalau dilihat dari video itu saja diduga ada kelalaian, tapi pimpinan ingin melihat seperti apa dulu," tandasnya.

Dalam video yang beredar, Nora terlihat berada bersama dengan Jerinx di Dalma mobil tahanan usia menjalani sdiang di Mapolda Bali, Selasa (29/9.

Jerinx mengaku sudah mengantongi izin jaksa, sehingga dia dapat bermesraan dengan istri di mobil tahanan.

Drummer Supermen is Dead (SID) itu lantas menyampaikan ucapan kepada jaksa yang telah memberinya kesempatan memadu kasih dengan sang istri.

Hal itu disampaikan Jerinx usai menjalani sidang dengan agenda jawaban jaksa atas nota bantahan (eksepsi) yang dibuat oleh tim kuasa hukum Jerinx, Kamis (1/10).

"Saya berterima kasih kepada jaksa yang telah mengizinkan istri saya tersayang untuk menemani saya selama tiga menit dalam mobil tahanan dari sini (Direskrimsus) menuju ke Rutan," ujar Jerinx.

Awalnya, Jerinx mengajak istrinya. Kemudian sang istri meminta izin kepada jaksa.

"Jaksa mengizinkan atas hati nurani yang sangat baik. Jaksa mengizinkan dan ada video. Saya memang yang menginginkan agar ada kenang-kenangan yang kami ceritakan kepada anak dan cucu kami," sebutnya.

"Kami sudah berjanji susah senang sampai mati berdua. Jadi terima kasih jaksa sudah mengedepankan hati nurani sebagai manusia. Kita bukan robot, kita punya hati nurani. Perlu dicatat, saya juga belum dinyatakan bersalah," lanjutnya.


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post