Kamu Wajib Tahu! ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Menggambar Wajah Para Nabi

NAFAZNEWS.COM - Belakangan ini umat Muslim seluruh dunia dibuat geram dengan kelakuan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang telah menghina Nabi Muhammad SAW.

Dalam pidatonya Presiden Prancis secara terang-terangan menghina agama Islam, bukan hanya itu saja umat Muslim seluruh dunia dibuat geram dengan kartun yang menghina menghina Nabi Muhammad SAW.

Berbicara tentang kartun Nabi Muhammad SAW yang kini tengah viral, ternyata ada 7 alasan kenapa kita tidak boleh menggambar wajah para Nabi!

Berikut beberapa alasannya sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id:

1. Ketika Para Nabi Hidup Tidak Ada Satupun yang Melukis Wajahnya

Bagaimanapun, Nabi Muhammad adalah sosok sederhana yang tidak ingin ditonjolkan melalui lukisan dan gambar

"Jangan menyanjung saya secara berlebihan, seperti orang Kristen yang menyanjung Putra Maria, karena saya hanya hamba-Nya dan Nabi, utusan-Nya," (HR. Ahmad dan Al-Bukhari).

2. Menjaga Kemurnian Agama Islam

Para cendekiawan Islam telah mengantisipasi bahwa lukisan nabi tidak akan menjadi tempat beribadah. Apalagi Islam adalah agama yang melarang berhala.

"Inilah orang-orang yang jika ada orang shalih di antara mereka yang meninggal, mereka membangun masjid di atas kuburannya dan kemudian menggambarnya. Itu adalah makhluk yang paling buruk di sisi Allah," (HR. Ahmad dan Al-Bukhari ).

3. Mencegah Adanya Tindakan Pelanggaran

Islam tidak menginginkan ada pihak yang ingin merendahkan Nabi karena kebencian mereka, terutama kaum kafir.

Karena siapapun bisa melampiaskan kebenciannya pada hal-hal yang berhubungan dengan dirinya, terutama foto atau lukisan orang tersebut.

4. Untuk Menghormati Pesan Allah Dalam Membantu

seorang Rasul adalah orang yang ditugaskan oleh Tuhan untuk menyampaikan pesan-Nya jadi, umat manusia harus menghormati mereka yang mengemban tugas mulia Tuhan.

5. Tidak Mempengaruhi Sifat Syariah

Dengan menggambar penampakan seorang nabi, dikhawatirkan dapat mempengaruhi hakikat syariat yang ia sampaikan.

Dengan gambaran itu, orang akan menyandang kondisi jasmani dan rohani nabi Itu berlebihan karena anggapan itu bisa berkembang menjadi kebohongan.

6. Imajinasi Merupakan Kebohongan

Meski maknanya baik, namun imajinasi tidak bisa dijadikan acuan gambar atau lukisan bukanlah gambar asli.

"Barangsiapa sengaja berbohong tentangku, maka dia harus mempersiapkan tempatnya di neraka," (HR. Bukhari Muslim)

7. Gambar Belum Tentu Kebenarannya

gambar atau lukisan bukanlah gambar asli. Jadi tidak ada gunanya melukis seorang nabi karena lukisan itu sama sekali tidak akan bisa mewakili sosok nabi aslinya.Hanya Allah yang tahu segalanya.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post