Micin Ternyata Bisa Menyuburkan Tanaman

NAFAZNEWS.COM - Micin alias penyedap rasa atau monosodium glutamat (MSG) ternyata bisa untuk menyuburkan tanaman.

Sebagian orang mungkin kaget mendengarnya, dan tak yakin bila micin memiliki manfaat baik bagi tanaman. Tapi, itu memang kenyataan.

Micin baik untuk kesuburan tanaman yang ada di pekarangan rumah, seperti tanaman pangan, buah, tanaman hias bunga, dan tanaman lainnya yang terdapat di polybag.

Mengutip video YouTube Tanaman Rumah via Kompas.com, Sabtu (14/11), selain menyuburkan, micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman.

Terdapat alasan mengapa micin bisa baik untuk pertumbuhan tumbuhan.

Irfan, pegiat tanaman dalam video tersebut, mengatakan, terdapat kandungan micin yang berpengaruh untuk kesuburan tanaman.

"Micin atau MSG memiliki kandungan kalium dan natrium, yang mana kandungan tersebut baik buat pertumbuhan tanaman," jelas Irfan.

Sebelum mengaplikasikan micin ke tanaman untuk pertumbuhan yang subur, selayaknya pemilik tanaman sudah melakukan perawatan secara baik dan benar.

Tips micin untuk menyuburkan tanaman

Untuk menyuburkan tanaman menggunakan micin terdapat dua metode, yakni disemprot dan dikocor alias menyiram bagian bawah tanaman.

Cara disemprot
Untuk cara disemprot, Anda perlu menyiapkan alat penyemprot tanaman berukuran 2 liter atau lebih, 2 liter air, dan micin.

Masukkan 2 liter air ke alat penyemprot tanaman. Lalu, masukkan micin sebanyak 8 gram atau sekitar setengah sendok makan lebih. Larutkan air dan micin hingga merata.

Setelah selesai, semprotkan larutan air dan micin pada tanaman yang belum memiliki bunga dan buah. Lakukan penyemprotan tanaman menggunakan larutan micin di pagi hari.

"Larutan air micin membuat daun jadi lebih hijau dan segar serta merangsang daun untuk menumbuhkan bunga jadi lebih cepat. Untuk melakukan penyemprotan ini bisa dilakukan minimal 5 hari sekali dan lakukan secara rutin," kata Irfan.

Cara disiram
Untuk cara disiram, Anda perlu menyiapkan ember, 1-2 liter air, gelas kecil berukuran 250 cc, dan micin. Untuk takaran penggunaanya, 1 liter air di ember bisa dicampurkan 5-6 gram micin.

Untuk penggunaan 2 liter bisa mencampurkan 12 gram micin atau sekitar 1 sendok makan tapi tidak penuh. Kemudian, larutkan micin dan air hingga menyatu.

Ambil larutan air micin yang ada di ember sebanyak setengah gelas dan siramkan ke bagian media tanam. Lakukan penyiraman di pagi hari dan lakukan seterusnya pada tanaman yang terdapat di perkarangan rumah.

"Metode ini bisa dilakukan pada tanaman seperti terong, tomat serta tanaman bunga hias serta tanaman lainnya. Hasilnya tanaman kita jadi lebih subur, baik dari daun serta bunga dan buahnya," ujar Irfan.

Dalam pengaplikasian micin ke tanaman, tidak disarankan untuk menaburkan micin secara langsung ke tanaman. Jika cara ini dilakukan, maka hal itu malah tidak baik untuk tanaman dan tidak menjadikan tanaman subur.



Sumber Berita: kontan.co.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post