Perkuat Eksistensi di Kuartal Akhir 2020, Bank DBS Indonesia Boyong Enam Penghargaan Internasional Sekaligus

NAFAZNEWS.COMUpaya transformasi digital yang senantiasa dihadirkan Bank DBS Indonesia dalam segala aspek bisnis yang dijalankan kian menunjukkan performa yang semakin diakui, tercermin dari enam penghargaan tingkat internasional yang diraih pada The Asset Triple A Treasury, Trade, SSC and Risk Management Awards 2020. Penghargaan di kuartal akhir 2020 oleh perusahaan integrasi multimedia di Asia Asset Publishing and Research Ltd. ini mengukuhkan posisi Bank DBS Indonesia sebagai perbankan yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan berdasarkan prinsip "Live more, Bank less"; dengan menghadirkan kemudahan bagi nasabah melalui inovasi layanan perbankan berbasis digital.

Executive Director, Head of Global Transaction Service PT Bank DBS Indonesia, Iwan Rusli mengatakan, "Sebuah kehormatan luar biasa bagi kami dapat menerima enam penghargaan bertaraf internasional sekaligus, khususnya di tengah terjadinya pandemi di hampir sepanjang tahun 2020. Kami senang bahwa pemanfaatan teknologi yang kami hadirkan mendapatkan penerimaan yang baik di masyarakat, serta memungkinkan kami untuk beradaptasi dengan cepat terutama membantu nasabah kami beradaptasi dengan perubahan. Berbekal layanan perbankan dengan kapabilitas digital, Bank DBS Indonesia menghadirkan solusi dan inovasi untuk nasabah korporasi dalam memberikan pengalaman perbankan yang lengkap, mudah, praktis dan tanpa hambatan sehingga nasabah dapat memenuhi kebutuhan finansialnya dari rumah, real-time secara online, 24/7, dengan tetap mengutamakan kesehatan mereka."

The Asset Triple A Treasury, Trade, SSC and Risk Management Awards 2020 merupakan penghargaan tahunan bagi perusahaan dan lembaga keuangan yang meluncurkan atau membantu menerapkan inisiatif dalam manajemen perbendaharaan korporasi (corporate treasury management), pembiayaan perdagangan (trade finance), rantai pasokan (supply chain) dan/atau manajemen risiko (risk management), baik di dalam suatu negara/wilayah maupun tingkat regional di Asia Pasifik, Timur Tengah, Eropa dan Amerika Utara. The Asset mengevaluasi keunggulan program berdasarkan tiga hal, yaitu: pendapat nasabah, data statistik perusahaan selama periode tinjauan, dan akumulasi data dari rangkaian pertemuan (meetings) serta panggilan (calls) selama proses penilaian berlangsung.

Berbagai penghargaan yang berhasil diraih oleh Bank DBS Indonesia, meliputi:

  1. Best Service Provider dalam Cash Management dan E-Solutions Partner

Bank DBS Indonesia tahun ini kembali terpilih sebagai Best Service Provider di Indonesia untuk kategori Cash Management dan E-Solution Partner. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan Bank DBS Indonesia dalam membantu berbagai perusahaan mengadopsi sistem berbasis digital melalui penggunaan Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API), memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan pembayaran instan atau pembayaran pajak yang dapat dilakukan secara online dan real-time.

Sebagai salah satu institusi perbankan pertama di Indonesia yang menawarkan solusi berbasis API, Bank DBS Indonesia diakui berkat layanan DBS RAPID (Real-time APIs with DBS) yaitu solusi digital dengan pemanfaatan API untuk memberikan pengalaman integrasi tanpa hambatan antara bank dan sistem di dalam perusahaan, mempercepat proses transaksi, dan memaksimalkan efisiensi sistem perbendaharaan (treasury operations). Lebih lanjut, layanan perbankan digital ini menyediakan API dengan ragam informasi untuk kebutuhan laporan, meliputi: status transaksi, aktivitas akun, saldo, verifikasi rekening bank, transfer rekening DBS, SKN, RTGS, pembayaran lintas batas, dan pembaruan terbaru juga mencakup Real-Time Online Payment (RTOL) yang diaktifkan bagi korporat untuk kebutuhan pembayaran nasabah.

  1. Best Payments and Collections Solution Provider untuk Bukalapak, PT Syaftraco, dan PT Bumen Redja Abadi

Bank DBS Indonesia mendapat penghargaan Best Payments and Collections Solution di tiga industri berbeda yaitu e-commerce, teknologi informasi, dan otomotif untuk Bukalapak, PT Syaftraco, dan PT Bumen Redja Abadi secara berturut-turut. Penghargaan ini mengakui kapabilitas Bank DBS Indonesia dalam mengoptimalkan saldo kas grup (cash management) dengan perpindahan dana antar rekening domestik (domestic cash concentration) serta mendukung proses pencairan dana instan dengan API. Bank DBS Indonesia senantiasa memaksimalkan kapabilitas layanan DBS IDEAL untuk hadir menemani perjalanan nasabah korporasi dan para pemangku kepentingan (stakeholder) serta memanfaatkan teknologi untuk menata kembali bisnis mereka secara strategis.

"Kami beroperasi di 13 lokasi di Jawa dan Bali, dan kami telah membuka 13 akun GIRO berbeda untuk masing-masing cabang untuk memantau aktivitas akun secara mandiri. Sebelumnya, kami melakukan proses pemindahbukuan (over-book) secara manual dari setiap cabang melalui DBS IDEAL ke rekening Kantor Pusat yang kemudian dicairkan untuk kebutuhan operasional harian. Kini, dengan layanan DBS Domestic Cash Concentration, kami merasakan manfaat yang lebih besar, seperti proses pemindahbukuan yang praktis, perencanaan arus kas yang cepat dan efektif, sentralisasi kelebihan dana, dan akuntansi yang lebih efisien dengan hanya melaporkan saldo minimum," ujar Bank & Risk Manager, PT Bumen Redja Abadi, Bayu Nugroho.

  1. Best Trade Finance Solution untuk PT Central Proteina Prima

Selain memenangkan Best Service Provider dan Best Payments and Collections Solution Provider, Bank DBS Indonesia juga turut mendapatkan penghargaan sebagai Best Trade Finance Solution untuk PT Central Proteina Prima yang bergerak dalam industri fast moving consumer goods (FMCG).

Penghargaan ini diberikan berkat layanan penerbitan Letter of credit (LC) atau (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) yang memberikan kepastian kepada para pemasok dengan menjamin pembayaran dengan jumlah sampai dengan nilai yang tertera dalam jangka waktu yang ditentukan, serta penyelesaian instan dengan solusi berbasis API.

Selain itu, Bank DBS juga baru saja meraih pengakuan sebagai Bank Teraman di Asia atau The Asia's Safest Bank 2020 dari Global Finance selama dua belas tahun berturut-turut, juga dinobatkan sebagai Bank terbaik di dunia atau The Best Bank in The World 2020 dari Global Finance, dan juga Asia's Best Bank 2020 dari Euromoney. Rls

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post