Putra Riau Terima Penghargaan UKM Award 2020 dari Kementerian Koperasi dan UKM

NAFAZNEWS.COM - Putra asli Riau kembali meraih prestasinya di tingkat nasional. Ia adalah Muhammad Mufid Luthfi, pengembang jasa digital untuk industri startup dan UMKM.

Sebagai perwakilan Provinsi Riau, Mufid tergabung dalam tim PT Cloud Hosting Indonesia dengan merek IDCloudhost (https://idcloudhost.com. Kemudian, IDCloudHost terpilih sebagai pemenang di sektor jasa yang menerima penghargaan UKM Award 2020 dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM).

Mufid menjelaskan, rangkaian UKM Award telah dilakukan dari pertengahan September 2020 hingga saat ini. Dimulai dengan kegiatan FGD, sosialisasi, penjaringan proposal dari pelaku UKM se-Indonesia, kurasi lokal dan nasional, hingga pelaksanaan penjurian.

"Pemilihan pelaku UKM pada rangkaian UKM Award dilakukan dengan menjaring 832 unit proposal dari pelaku UKM se-Indonesia melalui pendaftaran yang ditutup pada 14 Oktober 2020.

Kemudian, dari 832 unit proposal hanya 176 UKM yang lolos seleksi administrasi. Lalu, dilakukan kurasi skala lokal dan menghasilkan 100 UKM unggulan dari berbagai sektor usaha dan daerah. Lalu, dari 100 UKM dilakukan kurasi provinsi menghasilkan 25 UKM," jelas Mufid ketika dihubungi, Jumat (06/11/2020).

"Seluruhnya diseleksi dan dikurasi tim kurator mulai dari tingkat lokal hingga nasional. Penilaianya mempertimbangkan persyaratan dan ketentuan, kelengkapan dokumen, serta melakukan wawancara, dan menilai potensi dari para UKM," ujar Mufid.
 
"Alhamdulillah saya diberikan kepercayaan dan penghargaan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, semoga kegiatan ini bisa memberikan motivasi untuk para pelaku UKM dan bisa membantu mengembangkan usahanya di tingkat nasional dan internasional," ujar Alumni STT Telkom Bandung, Mufid.

Mufid menuturkan, bahwa dirinya telah 5 tahun menjalani usaha di bidang digital. Ia memiliki kantor yang tersebar di 5 kota, yakni Pekanbaru, Jakarta, dan Bandung. Bebeberapa prestasi yang lain juga pernah diraihnya yaitu, Nominee of Cloud Journey of the Year DCD Awards 2017 (Hongkong), Digital Winner of Wirausaha mandiri 2017, dan Wirausaha Muda Jabar 2017.

Terpisah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pada acara Konferensi Pers UKM Award 2020 secara daring menyampaikan, tema yang diusung program UKM Award adalah Pahlawan Produk Lokal, yang dapat dimaknai sebagai pencapaian dari prestasi yang dihadirkan para pelaku UKM Indonesia yang tetap produktif dan inovatif di masa pandemi. Sehingga, menjadi inspirasi dan kebanggaan bagi bangsa.

Menurut Teten, para UKM penerima penghargaan UKM Award yang berasal dari beberapa daerah adalah sosok-sosok pahlawan produk lokal UKM di daerahnya masing-masing.

Ke depan, MenkopUKM berharap, mereka tidak hanya sebagai pengungkit ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat setempat, tetapi juga dapat mengagregasi dan mempercepat tumbuhnya brand-brand nasional yang mampu bersaing secara global.

"UKM Award merupakan program yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM sebagai salah satu bagian dalam gerakan Bangga Buatan Indonesia, serta bertujuan memberikan penghargaan kepada para pelaku UKM nasional dalam bentuk fasilitasi serta dukungan pemerintah," ujar MenkopUKM.

Berikut 10 unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terpilih sebagai penerima penghargaan UKM Award 2020. Penerima penghargaan ini berasal dari beberapa daerah, adalah sosok-sosok pahlawan produk lokal UKM di daerahnya masing-masing.

Mereka adalah CV Adi Daya Group (Jawa Tengah) untuk kategori usaha menengah, sektor makanan minuman olahan kemasan, serta CV Jokopi Indonesia, (Jawa Timur) kategori usaha menengah sektor makanan minuman olahan kemasan.

Berikutnya, Koperasi Jasa Noto Wono (D.I Yogyakarta) kategori usaha kecil sektor jasa, Koperasi Mandiri Karya Madani (Kulaku Indonesia) dari Sumatera Selatan untuk kategori usaha kecil sektor makanan minuman olahan kemasan, PALA Nusantara (Jawa Barat) untuk kategori usaha kecil sektor fesyen dan apparel.

Kemudian, PT Cloud Hosting Indonesia (Riau) untuk kategori usaha menengah sektor jasa, PT Kampung Marketerindo Berdaya (Jawa Tengah) kategori usaha kecil sektor jasa, PT Kreasi Karya Raya (Jawa Timur) kategori usaha menengah sektor jasa, PT Pavettia Nuansa Alami (Jawa Barat) kategori usaha kecil sektor produk kosmetik dan spa, serta Sirtanio Organik Indonesia (Jawa Timur) kategori usaha menengah sektor makanan minuman olahan kemasan. (MCR/Gil)

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post