Jadi Guru Terbaik di Dunia, Pria ini Sabet Rp 14 M

Ranjitsinh Disale
NAFAZNEWS.COM - Seorang pemuda desa di India berhasil menyabet penghargaan sebagai guru terbaik di dunia versi UNESCO. Menyadur CNN Senin (07/12), pria bernama Ranjitsinh Disale ini mendapat hadiah Rp 14 M.

Meskipun ia memenangkan uang belasan miliar, Disale memilih untuk membagikan uangnya pada finalis lain agar program pendidikan yang mereka inisiasi bisa terus berjalan.

"Saya yakin jika membagikan hadiah uang ini dengan sembilan guru (finalis) lainnya, itu berarti saya dapat meningkatkan pekerjaan mereka," ujarnya dalam sebuah wawancara.

"Pekerjaan luar biasa mereka masih layak, jika saya membagikan hadiah uang ini kepada guru lainnya, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pekerjaan mereka dan kami bisa menjangkau serta meringankan kehidupan siswa sebanayak mungkin," lanjutnya.

Sikap Disale menuai pujian banyak orang, termasuk Dalai Lama. Ia mencuitkan komentarnya melalui Twitter dan berkata Disale berkontibusi menciptakan dunia yang lebih baik.

"Mendidik anak kecil dengan latar belakang kemiskinan adalah cara terbaik untuk membantu mereka sebagai individu dan secara aktif berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih baik," tulis dalai Lama.

Sembilan runner-up penghargaan ini adalah guru yang bekerja di Amerika Serikat, Inggris, Vietnam, Nigeria, Afrika Selatan, Italia, Korea Selatan, Malaysia, dan Brasil. Mereka masing-masing mendapat uang Rp 700 juta dari Disale.

Ranjitsinh Disale adalah guru di SD Zilla Parishad, desa Paritewadi, negara bagian Maharashtra, India barat. Ia terpilih sebagai pemenang dan berhasil menyingkirkan lebih dari 12.000 nominasi dari sekitar 140 negara di seluruh dunia.

Penghargaan ini mengakui upayanya untuk mempromosikan pendidikan anak perempuan di sekolah, yang sebagian besar muridnya berasal dari komunitas suku.

Pihak The Global Teacher Prize mengatakan dia belajar bahasa lokal desa untuk menerjemahkan buku teks kelas ke dalam bahasa ibu muridnya.

Dia juga membuat kode QR unik di buku teks untuk memberi siswa akses ke puisi audio, video ceramah, cerita, dan tugas, yang sangat meningkatkan kehadiran di sekolah. Kini, teknologi QR miliknya sekarang sedang diluncurkan lebih luas di seluruh India.



Sumber: suara.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close