Kebiasaan Tidur dengan Botol Susu di Mulut, Gigi Bocah 4 Tahun Membusuk

NAFAZNEWS.COM -  Sathan Ken Suravisankul, seorang dokter gigi dari klinik Smile Sation yang berbasis di Phuket, Thailand mengunggah sebuah postingan berisi kejadian tragis yang dialami seorang bocah laki-laki berusia 4 tahun. Dalam seketika, postingan Ken ini mendapatkan perhatian warganet dan menjadi viral di Facebook.

Ken harus terpaksa mencabut 18 gigi susu bocah malang tersebut karena giginya mengalami pembusukan yang serius. Gigi susu bocah ini tampak sudah tak berbentuk seperti gigi yang semestinya.

Penyebab pembusukan gigi susu tersebut ternyata diakibatkan oleh kebiasaan sang bocah yang sering tertidur dengan botol susu masih di mulutnya setelah dia selesai minum.

Selain itu, Ken juga mengatakan bahwa si bocah selalu menolak untuk menyikat giginya setelah makan atau minum.

Kebiasaan buruk ini tak pernah disangka-sangka berakibat sangat fatal pada gigi si anak laki-laki ini.

Selain harus mencabut paksa hampir seluruh giginya, Ken mengaku tak kuasa melihat sang bocah yang merintih kesakitan selama proses operasi pencabutan 18 gigi susunya berlangsung.

Dalam unggahannya itu juga, Ken menjelaskan dirinya tidak menyalahkan orangtua bocah laki-laki tersebut.

Karena bagi Ken, tidak ada orangtua yang ingin merugikan anaknya. Meski begitu, Ken menekankan kepada seluruh orangtua tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi terutama kepada anak-anak.

"Kerusakan gigi bukan hanya disebabkan oleh ASI melainkan tingkat air liur yang juga mempengaruhi kerusakan gigi," terang Ken pada postingannya dikutip dari keepo.me.

Saran Ken adalah para orangtua tidak boleh membiarkan anak-anak mereka menggunakan botol susu atau dot dalam waktu yang lama. Selain itu, senantiasa mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menggosok gigi secara teratur.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close