Penjual Ponsel Kena Tipu, Gambar Pahlawan di Uang Palsu Diledek Karya Anak SD

NAFAZNEWS.COM - Penjual handphone di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur menjadi korban penipuan. Harapan dapat untung menjual ponsel dengan harga lumayan, si pembeli dengan teganya membayarnya dengan uang palsu pecahan Rp100.000.

Yang cukup membuat hati sesak, pelaku benar-benar sangat nekat melakukan aksinya. Pasalnya korban dibayar dengan uang dari kertas HVS bertuliskan angka 100.000 menggunakan spidol merah.

Agar tak sepenuhnya terlihat polos, pelaku membubuhi gambar dua sosok layaknya pahlawan yang terlihat di uang kertas asli.

Peristiwa itu terjadi pada 16 Desember 2020 lalu. Kejadian itu dialami korban saat transaksi jual beli dengan cara COD, atau bertemu langsung dengan pembeli.

 Sebelum kejadian, baik penjual maupun pembeli, memberikan ciri-ciri diri masing-masing agar mereka dapat dengan mudah mengenali satu sama lain saat bertemu.

Setelah mereka bertemu, korban memberikan teleponnya kepada penipu tersebut setelah si penipu memberikan uang Rp900.000 kepadanya. Selama seluruh pertukaran, penipu itu menggunakan sepeda motornya dengan mesin masih menyala.

Korban langsung mengambil uang yang diberikan pelaku dan tidak pernah memeriksa jumlah atau keasliannya sebelum penipu pergi.

Setelah beberapa saat transaksi selesai, korban memeriksa jumlah uang dan menyadari bahwa dirinya sedang ditipu. Ia sempat mencoba mengejar sang penipu, namun sudah terlalu jauh berjalan.

Sontak berita tersebut ramai dikomentari netizen. Banyak yang mengomentari penampakan uang palsu tersebut dan menyebut uang itu sama dengan hasil gambar anak-anak.

Biarlah ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Sebelum melakukan transaksi apa pun melalui COD, pastikan melihat uangnya terlebih dahulu sebelum memberikan barang yang dijual. Lebih baik aman daripada menyesal, kan?

Sumber: World of Buzz

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close