Doa Dalam Perjalanan: Allohumma Hawwin alainaa Safaranaa Hadzaa



NAFAZNEWS.COM - Doa perjalanan agar selamat. Ketika mau melakukan perjalanan, sangat penting untuk berdoa lebih dulu agar Anda senantiasa dalam lindungan Allah SWT.


Baik itu naik pesawat, kapal, kereta ataupun mobil, umat Islam dianjurkan membaca doa dalam perjalanan.


Kekuatan doa dipercaya dapat melindungi diri selama dalam perjalanan. Selain itu, Anda bisa mempersiapkan perbekalan yang akan membuat nyaman perjalanan. Tapi perlindungan secara spiritual juga penting, karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan nantinya. Doa perjalanan jauh paling penting untuk diucapkan sebelum perjalanan dimulai.


Berikut adalah doa dalam perjalanan dan doa perjalanan jauh yang perlu Anda ucapkan dengan tulus dalam hati.


Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli


Arti doa dalam perjalanan atau doa perjalanan jauh:


“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.


Semoga dengan melafalkan doa tersebut, hati Anda menjadi lebih tenang, sehingga ketika berkendara, Anda bisa menjadi lebih waspada. Di samping itu kalau Anda naik kendaraan umum, semoga Anda senantiasa waspada dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika menumpang kendaraan umum.


Jangan lupa juga untuk melakukan persiapan matang sebelum berangkat. Sebelum keluar rumah, pastikan barang-barang yang akan Anda bawa sudah siap semuanya. Kemudian, ada baiknya juga untuk mengucapkan doa saat akan keluar rumah berikut ini:


“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”


Yang artinya “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.


Dengan membaca doa saat akan keluar rumah ini, kamu telah berserah diri kepada Allah SWT untuk dilancarkan selama perjalanan yang akan kamu lakukan. Salah satu doa perjalanan jauh ini sangat penting diucapkan, seperti yang dijelaskan oleh hadits berikut:


“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah” (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah), maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.”(HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).


Saat mau naik kendaraan, silahkan ucapkan doa ini:


“Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.”


“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”


Lalu ketika sudah sampai di tujuan, ucapkan doa dalam perjalanan berikut ini:


“Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii”


Artinya:


“Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”


Sebagai pelengkap, ada juga doa singgah di suatu tempat selain doa perjalanan jauh dan doa saat akan keluar rumah. Sebab perjalanan jauh itu bisa berarti Anda akan menginap di suatu tempat yang masih baru untuk Anda. Berikut doa singgah di suatu tempat, agar Anda bisa merasa damai dan istirahat dengan tenang.


“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR. Muslim).


Dengan mengucapkan beberapa doa dalam perjalanan tersebut, semoga Anda senantiasa terlindungi saat bepergian ke mana saja. Demikian bacaan tentang doa perjalanan jauh, semoga dapat membantu Anda. 




Sumber Suara.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close