BPBD Riau Ajukan Tiga Helikopter Untuk Penanganan Karhutla Tahap Awal

 

Ilustrasi

NAFAZNEWS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, pada tahap awal mengajukan untuk peminjaman tiga unit helikopter untuk pencegahan dan pengendalian Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Peminjaman itu dilakukan setelah provinsi Riau menetapkan status siaga darurat Karhutla.


Kepala BPBD Riau, Edward Sanger mengatakan, tiga unit helikopter tersebut akan digunakan untuk kegiatan water boombing sebanyak dua unit dan satu unit untuk patroli. Helikopter tersebut akan dikirimkan ke Riau dalam waktu dekat.


"Jadi untuk tahap awal ini kami minta tiga helikopter dulu, atau sesuai kebutuhan saat ini. Helikopter tersebut akan digunakan untuk water boombing dan patroli udara," kata Edward, Rabu (17/2/2021).


Lebih lanjut dikatakannya, selain pengajuan untuk peminjaman helikopter, pihaknya juga saat ini sedang menjalin komunikasi dengan pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Atau melakukan hujan buatan.


"Selain helikopter juga sedang kami usahakan untuk pesawat TMC. Karena saat ini masih memungkinkan untuk dilakukan TMC, terutama di daerah-daerah yang sudah tergolong rawan kebakaran," ujarnya. (MCR/Gil)

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close