-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Megawati Soekarnoputri

NAFAZNEWS.COM - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh kadernya untuk melaksanakan politik hijau, yakni mencintai serta melestarikan lingkungan.


Megawati mengaku selalu meminta kadernya mengajak setiap orang untuk bicara mengenai masalah lingkungan, khususnya betapa pentingnya air dan kehidupan di tengah bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah.


"Sekarang makin banyak mata air yang tadinya ada jadi mengering. Masyarakat mengeluh dengan kurangnya air. Sebenarnya itu terjadi karena perbuatan kita sendiri," kata Megawati dalam diskusi virtual bertajuk Politik Hijau PDI Perjuangan, Sabtu (20/2).


Menurutnya, persoalan lingkungan bukanlah hal sepele. Oleh karenanya, sejak menjabat wakil presiden RI, ia sudah berkomitmen memelihara kebun raya.


Ia bahkan kembali mengingat prinsip yang selalu diajarkan ayahnya yang juga presiden pertama Indonesia, Soekarno, yakni prinsip 'aku adalah kamu, kamu adalah aku'. Prinsip tersebut dinilai sangat penting dalam mengatur hubungan antar sesama, serta tanggung jawab manusia terhadap lingkungan.


Dalam konteks itu, Megawati menegaskan bahwa kader PDIP harus memahami kehidupan partai politik bukan sekadar politik praktis semata, namun sebagai sebuah alat perjuangan bagi mencapai kehidupan yang dicita-citakan, yakni untuk kesejahteraan rakyat.


Dalam konteks lingkungan, kesejahteraan rakyat itu termasuk bagaimana lingkungan yang sehat dan lestari benar-benar terjadi.


"Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai itu dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan," tutup Mega. 




Sumber rmol.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment