Pejabat Negara Polandia Terlihat Beri Hormat Kepada Nazi Dalam Foto-foto Tahun 2007

 

Tomasz Greniuch, di tengah memegang kertas, membuat gerakan yang tampak seperti penghormatan Nazi di acara sayap kanan di Polandia pada tahun 2007/Net

NAFAZNEWS.COM - Polandia dikejutkan dengan gambar-gambar yang beredar pada Kamis (18/2). Gambar itu menunjukkan seorang pria, pemegang jabatan tinggi pada lembaga penelitian sejarah negara, melakukan sikap penghormatan -yang diduga- seperti kepada Nazi.


Pria itu adalah Tomasz Greniuch. Ia ditunjuk menjadi kepala Institute of National Remembrance di Opole, di barat daya Polandia, pada 2019.


Jerusalem Post melaporkan, foto-foto Greniuch yang nampak seperti sedang melakukan sikap hormat ala Nazi itu diterbitkan oleh Harian Gazeta Wyborcza pada Kamis (18/2). Konon, itu adalah foto-foto tahun 2007.


Dalam foto itu, Greniuch terlihat mengulurkan lengan kanannya dengan gerakan yang mirip dengan penghormatan Nazi dalam sebuah pertemuan kelompok sayap kanan ONR tempatnya dulu.


Penunjukan Greniuch sebagai pejabat Institute of National Remembrance sempat menjadi kontroversial. Polandia sempat dilanda perdebatan ketika itu, karena karena hubungan Grenouch dengan ONR-nya.


Menyusul penemuan foto-foto itu, banyak pihak yang kembali menyuarakan kritikan atas penunjukkan Greniuch, di antaranya mantan penasihat perdana menteri Polandia, Andrzej Pawluszek.


"Orang ini seharusnya tidak pernah ditunjuk," kata Andrzej Pawluszek, yang pernah menjadi penasihat Mateusz Morawiecki, kepada situs SE, Kamis (18/2), sambil menegaskan bahwa Polandia kembali menghadapi skandal yang sama yang sebenarnya telah tercium dan diabaikan.


"Tidak ada yang bisa meyakinkan saya bahwa orang yang memberi hormat Nazi adalah seorang patriot," tegas Pawluszek.


Selain jutaan orang Yahudi, Nazi membunuh sekitar 3 juta orang Polandia non-Yahudi selama Holocaust. 






Sumber rmol.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close