Makam Menggelembung Di Padang Pariaman Sumatera Barat Bikin Heboh!

 


NAFAZNEWS.COM - Menurut Ade, diapir, penyebab lain menurut Ade karena adanya patahan. Misalnya, beberapa waktu lalu, yang terjadi sebelum Mapolres Kabupaten Solok jalan Lubuk Selasih. Akibat tekanan zona sesar Sumatera, daratan di kawasan ini juga terus meningkat.


Ade yang pernah menjadi Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar menambahkan, dubir merupakan fenomena yang lumrah. Hal ini mungkin karena densitas terobosan pada tanah / batuan lebih rendah dan akan naik ke atas.


Menanggapi fenomena kuburan di Padang Pariaman ini, Ade meminta agar semua pihak menahan diri untuk tidak terlalu cepat berpikiran mistis. "Jangan ini dianggap sebagai kuburan keramat, atau kuburan yang dikaitkan dengan perilaku orang masa hidupnya," ucap Ade.


Sebelumnya, menurut pemberitaan, warga Desa Korong atau Desa Sungai Asam di Nagari Sungai Asam, Kabupaten Padang Pariaman 2x11 Kecamatan Enam Lingkung, Sumatera Barat, dikejutkan dengan fenomena unik di mana makam mendadak naik tinggi.


Biasanya gundukan hanya setinggi setengah meter. Saat ini, tinggi makam tersebut 1,5 meter dan diameter 3,5 meter. Pada saat yang sama, kuburan lain di sebelahnya masih berukuran normal.


"Tiba-tiba saja, tanahnya naik. Terus meninggi sehingga mengagetkan kami warga di sini," kata Wali Korong Sungai Asam Anwar, sebagaimana dikutip dari Planet.merdeka.com, Senin (29/3/2021).


Anwar mengaku tidak tahu kapan makam itu meninggi. Menurut dia, tidak ada tanda-tanda sengaja dibuat tinggi. Karena, tidak ada tanda-tanda pengambilan tanah untuk meninggikan. Batu nisan yang terkubur di makam itu tidak rusak sama sekali. 


Saat ini, warga sekitar telah melilitkan tali di sekeliling makam agar orang yang melihatnya tidak menginjak makam tersebut. Anwar mengaku belum mengetahui jenazah yang dikubur di dalamnya. Pasalnya, identitas jenazah tidak terpampang di batu nisan.



Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close