-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Tentara Pasukan Pertahan Israel (Ilustrasi) Photo : Times of Israel

NAFAZNEWS.COM -  Israel telah mengerahkan tank dan pasukan ke perbatasannya dengan Gaza, saat mempertimbangkan apakah akan melancarkan operasi darat di wilayah tersebut setelah beberapa hari kekerasan. Konflik berkecamuk sepanjang Kamis ketika militan Palestina menembakkan roket ke Israel dan tentara Israel mempertahankan rentetan serangan udara.


Lebih dari 100 orang tewas di Gaza dan tujuh orang tewas di Israel. Massa Yahudi dan Arab Israel juga bertempur di Israel, mendorong presiden untuk memperingatkan perang saudara. Menteri Pertahanan Benny Gantz memerintahkan "penguatan besar-besaran" pasukan keamanan untuk menekan kerusuhan internal, dan lebih dari 400 orang ditangkap.


Dua unit infanteri dan satu unit baja ditempatkan di dekat perbatasan dengan Gaza pada hari Kamis. Setidaknya 7.000 tentara cadangan juga telah dipanggil. Belum ada keputusan yang dibuat tentang apakah akan meluncurkan operasi darat. Tentara Israel diharapkan untuk mengajukan rencana kemungkinan serangan dalam waktu dekat, tetapi itu perlu disetujui oleh kepala militer dan berbagai tingkat pemerintah.


Kekerasan empat hari di Gaza dan Israel adalah yang terburuk sejak 2014. Awalnya dipicu oleh ketegangan berminggu-minggu Israel - Palestina di Yerusalem Timur yang menyebabkan bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi. Ini berubah menjadi pertukaran tembakan roket Palestina yang tak henti-hentinya dan serangan udara Israel.


Perkembangan lainnya pada hari Kamis:


1. Tiga roket ditembakkan dari Lebanon ke laut lepas pantai Israel utara, kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Tidak ada kelompok yang mengatakan mereka bertanggung jawab, tetapi beberapa kelompok militan beroperasi di Lebanon, termasuk Hizbullah yang berperang selama sebulan dengan Israel pada 2006.


2. Militer Israel mengatakan telah mencapai sasaran di Gaza yang mencakup gedung intelijen dan rumah serta bisnis yang digunakan oleh militan.


3. Sementara itu, kelompok militan Palestina, Hamas, menembakkan rentetan roket lebih lanjut ke Israel dari Gaza, dan seorang juru bicara kelompok itu mengatakan telah menunjukkan "hanya sebagian kecil" dari kemampuannya.


4. Kekerasan lebih lanjut pecah antara kelompok Yahudi dan Arab Israel di kota-kota campuran di Israel.


5. Maskapai penerbangan internasional, termasuk KLM, British Airway dan Virgin Atlantic, telah menangguhkan layanan ke Israel. Penerbangan masuk juga dialihkan ke selatan dari bandara utama Tel Aviv. Menurut kementerian kesehatan di Gaza, sedikitnya 103 orang telah tewas dalam empat hari konflik tersebut.




sumber viva.co.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment