-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

NAFAZNEWS.COM -  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap penyelenggaraan PON XX Papua sebagai suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah PON. Hal ini ditunjukkan dengan kemajuan pembangunan infrastruktur olahraga di Tanah Papua yang masif. 


"Ini bukti komitmen pembangunan Indonesia-sentris yang dicanangkan Presiden, di mana Tanah Papua menjadi prioritasnya," kata Moeldoko saat memberi sambutan pada Gathering Sponsorship PON XX 2021 Papua di Jakarta, dikutip dari siaran resmi KSP, Jumat (30/4). 


Bagi Presiden, lanjutnya, pelaksanaan PON dan PEPARNAS adalah penguatan jatidiri bangsa Indonesia. Menurut dia, pelaksanaan PON dan PEPARNAS di Papua juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Tanah Papua serta semangat dan jiwa berolahraga yang melekat dan identik dengan Tanah Papua. 


Moeldoko mengatakan Presiden meminta PON XX tahun 2021 harus dilaksanakan pada tahun ini. "Ini karena kita sudah siap, dan persiapan yang kita lakukan sudah luar biasa," jelas Moeldoko. 


Keseriusan Presiden ini disampaikan dalam tiga rapat terbatas atau sidang kabinet yang secara khusus membahas PON, serta terbitnya tiga Instruksi Presiden yang berkaitan dengan PON dan percepatan pembangunan Papua. Sementara itu, Moeldoko juga telah menugaskan tiga tim untuk terjun langsung ke tiga wilayah di Papua, yakni Jayapura, Mimika dan Merauke pada bulan ini. 


Tim yang dipimpin langsung oleh Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani bertugas untuk memonitor perkembangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX secara langsung. "Saya dan jajaran Kantor Kepala Staf Kepresidenan akan terus mengawal PON sampai tuntas," kata Moeldoko. 


Ia menambahkan, penyelenggaraan PON XX di Papua ini akan menjadi event olahraga terbesar di kawasan Pasifik. Ia pun percaya, selain siap menjadi tuan rumah PON, Papua juga siap melayani event olahraga internasional dan regional lainnya. 


"Kelengkapan fasilitas olahraga yang telah kita bangun di empat klaster pertandingan di Papua saat ini juga merupakan yang terlengkap dan terbaik di kawasan Pasifik selain fasilitas olimpiade di Australia," jelas dia. 


Menurut Moeldoko, penyelenggaraan PON XX dapat dikatakan berhasil jika sukses dalam penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. "Karena itu, saya mengajak agar semua yang hadir malam ini, baik dari pemerintahan ataupun swasta bersama seluruh elemen bangsa, agar turut mensukseskan event historis ini," kata Moeldoko.



sumber republika.co.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment