-->

Type something and hit enter

By On

 

WNA China tiba di Bandara Soetta /ist

NAFAZNEWS.COM - Saat semua pihak disibukan dengan penyekatan aturan pelarangan mudik lebaran 2021, pelarangan ziarah ke makam, open house dan larangan lainnya, tapi sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal China justru masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta.


Belakangan hal tersebut banyak diprotes oleh sejumlah kalangan. Salah satunya Eks Sekretaris Kementerian BUMN, M. Said Didu yang turut menyoroti rombongan WNA asal China yang terus berdatangan ke Indonesia di momen lebaran 2021.


Padahal kata dia, rakyat Indonesia saja dilarang melakukan mudik. Bahkan, melakukan ziarah ke makam juga dilarang.


Sorotan itu diungkapkan oleh Said Didu melalui akun Twitter miliknya @msaid_didu.


Mengutip suaracom jaringan terkini.id, Said Didu mengomentari laporan berita dari salah satu media online yang mewartakan rombongan WNA China terus berdatangan ke Indonesia di hari raya lebaran.


"Katanya izin sudah ditutup. Sementara rakyat mau ke kuburan saja dilarang," kata Said Didu.


Said Didu berharap kepada pemerintah agar berhenti membohongi publik.


"Harapan saya berhentilah berbohong," ucapnya.


WNA China Terus Berdatangan


Di tengah larangan mudik lebaran 6-17 Mei 2021 mendatang, rombongan WNA asal China terus berdatangan di Bandara Soekarno-Hatta.


Mereka berdatangan secara bergelombang setiap harinya. Bahkan hingga di hari raya lebaran, tercatat WNA China juga tiba di Indonesia.


Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatakan 157 WNA yang tiba di Tanah Air dari Guangzhou, China, telah memenuhi aturan keimigrasian.


"Seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata," kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu 8 Mei 2021 lalu.


Sebanyak 157 WNA asal Negeri Tirai Bambu tersebut tiba dengan pesawat China Southern Airlines CZ387 (regular flight) dari Guangzhou pukul 05.00 WIB. 


Seluruh WNA juga telah mengantongi rekomendasi dari instansi yang berwenang.


Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, semua penumpang telah mendapatkan rekomendasi clearence oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan.


"Petugas imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19," katanya.


Hingga saat ini, larangan masih berlaku untuk WNA yang ingin berkunjung ke Tanah Air dengan tujuan wisata. Pemerintah juga telah menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan serta visa on arrival (VOA) sejak awal Maret 2020 untuk mencegah lonjakan penyebaran Covid-19.





sumber terkini.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment