-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM - Sebanyak 3 orang wartawan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dinyatakan Lulus dan Bekompeten pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda yang diadakan oleh Dewan Pers bersama Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan London School of Public Relations (LSPR) mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak tak terkecuali Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs. H Suhardiman Amby Ak.,MM, Senin (21/6/2021).

Ucapan selamat tersebut disampaikan langsung oleh wakil Bupati Kuansing melalui sambungan sellulernya setelah mendapatkan kabar bahwa 3 orang jurnalis asal Kabupaten Kuansing yang juga merupakan pengurus IWO Kuansing dinyatakan Lulus dan Kompeten oleh Dewan Pers.

"Selamat adinda, semoga bisa memberikan edukasi dan membangun untuk daerah melalui karya tulisnya. Ke depan semoga semakin sukses dan sukses untuk kita semua," ucap Wabup Kuansing.

Ucapan Selamat juga datang dari Pj Sekda Kuansing Dr. Agus Mandar S.Sos.,M.Si, Kejaksaan Negeri Kabupaten Kuansing melalui Kasi Intel Kejari Kuansing Rinaldy Adriansyah SH.,MH.

Sebelumnya, 3 orang jurnalis asal Kab.Kuansing mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan di Ballroom Grand Zuri Hotel Pekanbaru selama 2 hari, yakni tanggal 18-19 Juni 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat dan diikuti sebanyak 51 peserta, termasuk 3 diantaranya merupakan Ketua, Sekretaris dan Anggota IWO Kuansing.

Direktur LSPR Jakarta, Deddy Irwandy MSi menyampaikan bahwa kegiatan UKW jenjang Muda yang difasilitasi Dewan Pers ini diikuti sebanyak 51 peserta yang berasal dari 12 Kabupaten/Kota di provinsi Riau.

Dari hasil seleksi awal terdapat sebanyak 60 peserta yang ikut mendaftar, saat mengikuti seleksi Pra-UKW yang dilaksanakan melalui zoom metting gugur 9 orang peserta dan menyisakan 51 peserta yang berhak ikut dalam UKW di Provinsi Riau. Dari 51 peserta tersebut, setelah mengikuti sebanyak 10 mata uji selama 2 hari dan sebanyak 45 peserta dinyatakan Lulus dan Kompeten.

"45 wartawan yang telah dinyatakan Lulus dan Kompeten tersebut, ada tanggungjawab yang besar menanti. Karena ke 45 peserta ini sudah dinyatakan Lulus dan Kompeten, tentunya dalam menyajikan berita tidak lagi asal-asalan atau tidak mentaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," tegas Deddy.

"Selamat kepada rekan-rakan semua yang sudah sudah berkenan atas kegiatan ini. Dan telah mengikuti atas peraturan yang sudah di tetapkan, kami sebagai panitia dan penguji juga minta maaf bila dalam proses pelaksaan ada kata atau sikap tidak berkenan dihati" tutup Direktur LSPR ini.

Sementara itu, Ketua PD IWO Kuansing Hendra Riko Purnomo yang bersama-sama dengan Sekretaris, Jeki Efri Yunas dan Anggotanya, Aldian Syahmubara mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Riau 2021 mengatakan bahwa sebenarnya ada 4 orang wartawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Ya awalnya kami mendaftar 4 orang, setelah berjalannya proses demi proses sehingga dari 4 peserta tersisa menjadi 3 peserta yang terus berjuang dan akhirnya berhasil dinyatakan Lulus dan Kompeten," terangnya.

Ke depan, diharapkan adanya support penuh dari Pemerintah Daerah agar seluruh wartawan bisa dinyatakan Berkompeten dalam kegiatan jurnalistik. "Semoga ke depan, ada dukungan dari Pemkab Kuansing terkait pelaksanakan atau mengikuti Uji Kompetensi Wartawan sehingga mampu melahirkan wartawan yang lebih berkualitas sehingga bisa menyokong cita-cita menjadikan Kuansing yang Bermarwah," tutup Ketua IWO Kuansing.

Jeki Efri Yunas

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment