-->

Type something and hit enter

Editor On
Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghabiskan waktunya melukis di kanvas di ruang SBY Art Studio. Foto/IG



NAFAZNEWS.COM - Musim pandemi ada hikmahnya. Ada kesempatan untuk berkontemplasi, dan mengembangkan kreativitas di rumah. Hal itu dikatakan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat,  Andi Mallarangeng dalam akun Instagram @andi_a_mallarangeng, Minggu (4/7/2021).


Andi memposting kegiatan melukis Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam 'SBY Art Studio'. "Bagi Pak SBY, ini kesempatan untuk menggali kembali bakat dan hobby melukis yang terakhir ditekuni semasa SMA di Pacitan, berpuluh tahun yang lampau," kata Andi.


Andi mengatakan, memang, seni adalah bagian dari kesejatian SBY, bahkan di tengah kesibukan mengurus negara. Bermusik dan mencipta lagu, serta menulis puisi sudah kita ketahui sebelumnya. Tapi melukis memang baru-baru ini kembali ditekuni. 


"Dan melukis tentu saja membutuhkan inspirasi. Maka dibuatlah sebuah studio kecil di halaman rumah Cikeas, dengan jendela kaca yang lebar, di tengah kebun bunga yang dulu dipelihara oleh almarhum Ibu Ani," ungkap mantan Menpora era SBY itu.

Dalam kesempatan itu, Andi mengaku sempat melihat berbagai karya lukisan SBY. Dia pun menilai, sejumlah lukisan SBY memiliki karya seni yang indah dan menggambarkan kepribadian SBY.


"Saya sempat melihat karya-karya awal Pak SBY. Beliau senang melukis pemandangan, termasuk pemandangan di sekitar Pacitan. Garis-garisnya tegas, penggunaan warna berani, dan ada makna yang dalam dari setiap lukisan. Mungkin termasuk aliran impresionisme," katanya.


"Saya masih sedang belajar kembali, menggunakan warna dan berbagai teknik. Bagi saya, melihat orang melukis, menciptakan keindahan di kanvas kosong, adalah sesuatu yang luar biasa," kata SBY sebagaimana dikutip Andi.


Andi mengaku tidak bisa berguru dengan SBY untuk melukis karena tak memiliki bakat. "Untuk yang satu ini, saya tidak bisa berguru ke Pak SBY. Karena memang saya tidak punya bakat melukis. Saya cukup menjadi penikmat lukisannya saja," tutur Andi.


Tampak dalam slide pertama, SBY didampingi putranya, Edhy Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan istri Ibas, Siti Ruby Aliya Rajasa dan cucu SBY. Sementara di slide kedua tampak SBY menggendong cucunya ditemani Ibas dan Aliya. Dan slide berikutnya sejumlah lukisan karya SBY.



Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment