-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

 


NAFAZNEWS.COM - Salinan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) yang bersejarah telah dilelang dengan harga 4,42 juta dolar AS atau setara dengan Rp 64 miliar (Rp 14.400/dolar AS).


Dokumen bersejarah tersebut merupakan salah satu dari sedikit salinan langka Deklarasi Kemerdekaan AS yang dibuat pada 4 Juli 1776 di Philadelphia, Pennsylvania.


Setelah sekitar 180 tahun, salah satu salinan itu ditemukan oleh Cathy Marsden, pakar manuskrip dari Lyon & Turnbull, dari sebuah loteng rumah di Skotlandia.


"Saya sedang melihat-lihat tumpukan kertas yang dibawa turun dari loteng, di antaranya adalah dokumen yang terlipat," kisahnya seperti ikutip dari laman RMOL.ID.


Setelah melakukan penelitian, Marsden mengatakan, pihaknya mengonfirmasi bahwa dokumen itu adalah salah satu dari 201 salinan yang dibuat oleh William Stone.


Sejauh ini, hanya ada 48 salinan yang diketahui masih ada. Namun hanya ada enam salinan yang ada di tangan swasta.


Seperti dikutip BBC, salinan itu kemudian dijual di Rumah Lelang Freeman dengan harga fantastis.


Setelah ditelusuri, itu adalah satu dari dua salinan yang diberikan kepada seorang jutawan sekaligus senator AS pertama dari Maryland, Charles Carroll dari Carrollton pada 1824.


Carroll diketahui merupakan pendukung kemerdekaan 13 koloni dari Inggris yang menjadi cikal bakal negara Amerika Serikat. Ia menjadi salah satu di antara 56 penandatangan deklarasi tersebut. Ia meninggal pada 1832 di usia 96 tahun.


Sebelumnya, kedua salinan itu diberikan Carroll kepada cucu menantunya yang seorang diplomat dan pengusaha Skotlandia-Kanada, John MacTavish. MacTavish yang menjabat sebagai Konsul Inggris untuk Maryland menikahi cucu pertama Carroll, Emily Caton.


Satu dari dua salinan itu kemudian diberikan MacTavish kepada Maryland Historical Society. ia juga menyalin tanda tangan dan tulisan Carroll dari salinan itu ke salinan kedua, sembari menambahkan catatan sendiri.






Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment