-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM -  Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau menyayangkan masih ada informasi hoax terkait COVID-19 yang beredar di kalangan masyarakat.

"Kami medapat informasi tentang hoax yang beredar di masyarakat. Total hoax sampai 12 Juli di Provinsi Riau cukup banyak ada 3.777 hoax," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi di Posko Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau, Gedung Daerah Riau, jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (12/7/2021).

Indra Yovi mengatakan, informasi hoax yang beredar ke masyarakat itu lewat media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

"Informasi hoax yang berkembang di masyarakat lewat media sosial, baik itu yang disampaikan masyarakat awam maupun petugas kesehatan yang tidak bertanggung jawab," ungkapnya.

Karena itu, Indra Yovi mengharapkan kebijakan masyarakat untuk selalu menyaring informasi soal Covid-19 sebelum menshare (membagikan) ke media sosial.

"Jadi saring dulu, baru share. Karena kami tidak mengharapkan informasi yang mengakibatkan masyarakat abai terhadap protokol kesehatan," harapnya.

Lebih lanjut Indra Yovi menjelaskan, dari total 3.777 hoax yang beredar melalui media sosial itu saat ini sudah di take down (dihapus).

"Jadi dari 3.777 hoax yang beredar di media sosial itu, diantaranya Facebook  3.155 hoax. Kemudian Instagram 26 hoax, Twitter 547 hoax, dan Youtube 49 hoax. Jadi total ada 3.777 hoax. Jadi semua informasi yang tak benar langsung di take down oleh flat form," pungkasnya. (MCR)

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment