-->

Type something and hit enter

Editor On



NAFAZNEWS.COM - Arkeolog menemukan dua patung marmer berusia 2.500 tahun dan sebuah prasasti selama penggalian di Kuil Zeus Lepsynos, salah satu kuil Romawi yang paling terpelihara di Asia Kecil, di provinsi Muğla, barat Turki.


Dibangun pada abad kedua Sebelum Masehi, kuil ini terletak di kota kuno Euromos.


Abuzer Kızıl, kepala komite penggalian dan anggota fakultas di departemen arkeologi Universitas Muğla Sıtkı Kocman, mengatakan bahwa artefak itu ditemukan secara tidak terduga selama upaya restorasi, dan mengejutkan dunia arkeologi.


“Kami telah menemukan dua tautan yang sangat penting dari patung kuno yang hilang di wilayah Caria, dan sebuah prasasti yang berasal dari periode Helenistik," katanya kepada kantor berita Anadolu Agency.


Kızıl menambahkan bahwa patung-patung itu dikategorikan sebagai kouros, istilah modern yang diberikan untuk patung-patung Yunani kuno yang berdiri sendiri.


"Salah satu dari dua kouroi yang digali di Euromos telanjang, yang lain mengenakan baju besi dan rok pendek. Baju besi itu terbuat dari kulit dan luar biasa bahwa kedua patung itu memiliki singa di tangan mereka,” ujar Kizil seperti dilansir dari Daily Sabah, Selasa (13/7/2021).


“Secara ikonografis, singa itu memiliki arti yang sangat penting. Kami belum dapat menemukan salinan pasti dari salah satu patung sejauh ini."


Dia mengatakan patung telanjang itu memiliki singa di tangannya yang menunjukkan kemungkinan besar itu adalah Apollo.


Kızıl mengatakan prasasti dari periode Helenistik diharapkan dapat mengungkapkan wawasan penting tentang sejarah Carian, dan upaya untuk menguraikannya terus berlanjut.



Sumber: Okezone.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment