-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy melakukan peninjauan Candi Muara Takus di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Sabtu (3/7/2021).

Saat peninjauan dan berbincang-bincang dengan masyarakat, ia mengatakan bahwa tepat tersebut memiliki peluang yang besar untuk masyarakat dalam meningkatkan perekonomian salah satunya berjualan dan menyiapkan penginapan bagi wisatawan yang datang.

"Orang yang datang ke sini tidak hanya mencari spot foto saja trus pulang, namun kalau kita bisa siapkan tempat seperti penginapan dan jualan. Tentunya akan ada nilai tambahnya, yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat kita di sini," kata Masrul Kasmy.

Menurutnya, karena yang datang untuk berkunjung ke Riau yaitu tepatnya di Candi Muara Takus ini tidak hanya masyarakat Riau tapi juga Indonesia bahkan Dunia.

"Untuk itu kita harus bisa memanfaatkan peluang ini supaya yang berkunjung ke Candi ini bisa tetap nyaman dan tidak hanya berfoto saja terus pulang, namun juga bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual masyarakat disini serta bisa menikmati suasana disini," ucapnya.

Untuk diketahui Candi Muara Takus memiliki keunikan diantaranya bahan bangunan candi terdiri dari batu pasir, batu sungai, batu bata dan bagian besar bangunan candi terdiri dari batu bata.

Bangunan utama di kompleks tersebut adalah sebuah stupa yang besar, berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan sebagian kecil batu pasir kuning. Di dalam situs Candi Muara Takus terdapat bangunan candi yang disebut dengan Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai serta Palangka. (MC)

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment