-->

Type something and hit enter

Editor On

NAFAZNEWS.COM - Belum lama ini beredar informasi yang menyebutkan bahwa bawang putih efektif untuk mengeluarkan lendir Covid-19 dari dalam paru-paru.


Alhasil tren memasukkan bawang putih ke dalam lubang hidung itu banyak dilakukan masyarakat yang cemas saat dirinya didiagnosis terinfeksi Covid-19 . Lantas apakah hal ini terbukti efektif?


Menjawab hal tersebut, Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan penjelasannya melalui unggahan akun Instagram @dr.fajriaddai, Jumat (6/8).


Menurutnya, informasi yang beredar di masyarakat itu tidak benar alias hoax. Bawang putih tidak terbukti dapat mengeluarkan lendir Covid-19 dari paru-paru.


"Itu ngaco, jadi cairan yang keluar itu bukan dari paru, tapi respons dari saluran pernapasan manusia karena tersumbat. Jadi mucus itu sebenarnya diproduksi, bukan cairan dari paru. Tidak ada hubungannya," terang dr. Fajri dalam unggahannya.


Lebih jauh, dr. Fajri mengimbau masyarakat untuk tidak mencoba hal tersebut. Sebab cara tersebut justru berbahaya karena bisa menyebabkan sumbatan di saluran pernapasan, apalagi jika sebelumnya orang tersebut sudah memiliki penyakit paru maka akibatnya bisa hipoksia, membiru, dan lain-lain.


"Terlebih jika bawang putih tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan, maka itu akan mengancam nyawa juga. Jadi jangan mencoba kegiatan berbahaya ini. Sebab tidak ada bukti ilmiahnya, manfaatnya belum jelas, justru malah bisa mengancam nyawa," tutupnya.


Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment