-->

Type something and hit enter

Editor On



NAFAZNEWS.COM - Masjid Nabawi diketahui menjadi tempat suci kedua bagi umat Islam yang tengah dibangun semasa junjungan Nabi Besar Muhammad SAW masih hidup dan terletak di Mekah. Maka setiap kaum muslimin di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia yang melaksanakan ibadah umrah ataupun haji pasti memiliki kesempatan untuk beribadah di masjid Nabawi.


Beredar video Syekh Prof Dr Sulaiman Ar-Ruhaili saat ceramah memberikan kritik bagi jemaah Indonesia yang sedang ibadah di masjid Nabawi kebanyakan suka melakukan selfie.


Bahkan ia memberikan sindiran bagi jemaah Indonesia yang kerap mengaku tengah berdoa di masjid Nabawi, namun kenyataannya hanya mencari konten untuk media sosial mereka. Kritikan ini kemudian menjadi sorotan dan viral di media sosial. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Peragakan Gaya Selfie saat Ceramah

Ulama Madinah, Syekh Sulaiman baru-baru ini mengkritik bagi para jemaah yang kerap berfoto ria di Masjid Nabawi. Dalam sebuah video singkat ketika dirinya sedang membagikan dakwah, guru besar Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah itu menyebutkan bahwa yang sering melakukan selfie adalah jemaah asal Indonesia.


Ia memperagakan gaya orang-orang yang tengah berselfie tersebut sembari tertawa. Syekh Sulaiman berkata, bahwa fenomena orang berselfie nampak semakin jelas.


Seperti terlihat dalam unggahan akun Instagram @memomedsos pada Sabtu (7/8) kemarin, ia berkata para jemaah tersebut bahkan berselfie ketika ceramah dari sang Khatib sedang berlangsung.


"Tak diragukan lagi, kecenderungan manusia berfoto ria semakin nampak jelas bahkan di Masjid Nabawi. Ketika sang Khatib sedang ceramah (malah seperti ini)," sembari menirukan gaya jemaah berselfie.


Ungkap Bahwa Jemaah Indonesia yang Selfie Tak Benar-Benar Berdoa

Syekh Sulaiman juga menyampaikan sebuah kritik bagi jemaah Indonesia yang gemar berselfie di masjid Nabawi ketika Khatib sedang berceramah. Apalagi bagi mereka yang bahkan sampai berbohong dalam selfie-nya.


Ia menyebutkan bahwa para jemaah tersebut tidak benar-benar berdoa dan sengaja meminta tolong pada rekannya untuk difoto seolah-olah berdoa. Syekh Sulaiman bahkan berulang-berulang mempraktikkan gaya para jemaah yang gemar berselfie.


"Bahkan mereka berbohong dalam selfie-nya 'Hei, tolong fotokan aku' (sembari menirukan gerakan jemaah berdoa). Bohong! Padahal, tidak berdoa," kata dia.


"Tapi kalau pulang ke Indonesia, mereka pajang dan pamerkan ke semua orang seolah-olah sedang berdoa di Masjid Nabawi," papar Syekh Sulaiman.


Unggahan video tersebut kemudian viral dan menjadi sorotan netizen. Banyak sekali dari mereka yang memberikan tanggapan dan membenarkan hal tersebut.


"Yaa mau gimana, emang faktanya," ungkap @abdihidayat.10.


"Indonesia selain negeri demokrasi, indonesia juga negeri dokumentasi," imbuh @roriariesta.


"Jauh2 Kesana Kan Emg Cuma Buat Kebutuhan Instasory," timpal @irfan_icecream.


"Miris," papar @pradana091.



Sumber: Merdeka.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment