-->

Type something and hit enter

Editor On
Foto: Viva.co.id



NAFAZNEWS – Belum lama ini puluhan ekor kerbau mati secara misterius di sekitar Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)


Beberapa ekor di antaranya menunjukkan kondisi sekarat dan terpaksa langsung dipotong warga agar masih layak dikonsumsi.


Hingga kini belum terungkap penyebab puluhan kerbau yang sering berkeliaran di sekitar sirkuit Mandalika itu mati mendadak.


Dinas Peternakan Lombok Tengah menyebut sebanyak 48 kerbau ditemukan mati. Namun 45 di antaranya menunjukkan gejala hampir mati sehingga langsung dipotong warga.


"Tiga ekor kami dapat informasi mati mendadak," kata Kasie Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah, Firman Hidayatullah, Senin, 13 September 2021.


Petugas sudah mengambil sampel kerbau untuk dikirim ke laboratorium di Bali. "Kami ambil dagingnya terus kita kirim ke lab Bali," ujarnya.


Dari gejala klinis yang ditunjukkan, dugaan sementara karena suspect Septicemia Epizootica (SE) atau penyakit ngorok yang biasa ditemukan pada sapi dan kerbau. Namun hal itu masih dugaan sementara.


"Ngorok pada kerbau ini menyebabkan infeksi dan dapat menular," kata dia.



Sumber: Viva.co.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment