Puskodal Koopsau I Adakan Latihan Communication Tactical Data Link System

NAFAZNEWS.COM - Pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari ini telah dibuka oleh Kapuskodal Koopsau I, Letkol Pnb Erwin Harfansa (Han) mewakili Pangkoopsau I, pada tanggal (07/11) dan kemarin (11/12) kegiatan ditutup secara resmi.

Puskodal Koopsau I menyelenggarakan pelatihan Communication Tactical Data Link System (CTDLS) yang bekerjasama dengan PT. LEN Industri (Persero).

Berjalannya pelatihan, CTDLS merupakan sistem yang memungkinkan pertukaran data dari unit udara dan darat melalui jaringan data link. CTDLS terdiri dari tiga bagian sistem yang perlu diketahui yaitu Airbone Unit, Base Station Unit dan Command Control (C2) Unit.

Pelatihan diikuti 10 orang peserta yang terdiri dari 5 orang dari Satkomlek Koopsau I dan 5 orang anggota dari satuan Puskodal Koopsau I.

Singkatnya, Kapuskodal Koopsau I Letkol Pnb Erwin Harfansa mengatakan,"Pelatihan ini bertujuan untuk tranfer pengetahuan serta penyiapan SDM, baik personel operator maupun personel teknisi dalam mengawaki perangkat CTDLS guna penyajian data operasi dalam proses komando pengendalian,"tegasnya. Jumat,(11/12/2020).

Materi yang disampaikan meliputi, Operasional C2 System, operasional SAVS, Operational Network Monitoring System, Operational Basestation Monitoring System, Operational Video Client, Operational Voice Communication System dan pemeliharaan CTDLS. Demikian materi yang disampaikan oleh tenaga ahli dari PT LEN Industri, Muhammad Rubiyanto P, Mutiara Citra W., Novy Mustikawati dan Tria Yuda P.

Sumber : Pen Koopsau I.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close