Vaksin Covid-19 Disebut Bisa Bikin Mandul dan Gagal Punya Anak, Ini Kata Dokter

Ilustrasi


NAFAZNEWS.COM -  Efek samping vaksin Covid-19 masih menjadi perhatian serius sejumlah pihak. Bahkan, ada dugaan bahwa vaksin Covid-19 bisa menyebabkan kemandulan.


Namun, dugaan ini dibantah oleh dokter dan ilmuwan. Tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan vaksin akan memengaruhi kemampuanmu untuk memiliki anak di masa depan.


Dalam informasi beredar, vaksin Covid-19 disebut mengandung protein syncytin-1, yang terkait dengan fungsi plasenta (organ yang berkembang selama kehamilan untuk memberikan oksigen dan nutrisi kepada bayi).


Dilansir dari Shape, dokter spesialis kandungan di The Ohio State University Wexner Medical Center, Michael Cackovic, mengatakan protein lonjakan SARS-CoV-2 sama sekali tidak mirip dengan syncytin-1.


Memblokir syncytin-1 tidak akan menyebabkan kemandulan. Pernyataan ini didukung oleh pakar penyakit menular di Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A. Adalja.



Para ahli kesehatan dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) juga setuju mengenai hal ini. Pasangan yang sedang berencana punya anak tetap direkomendasikan untuk divaksin.


Beberapa wanita yang berpartisipasi dalam uji klinis untuk dua vaksin (Pfizer dan Moderna) hamil selama percobaan, dan tidak ada bukti ada masalah kesuburan terjadi pada mereka.


Jika masih ragu, kamu bisa berbicara langsung dengan dokter kehamilan untuk mendapatkan kepastian langsung, dan bukan hanya dari internet.





sumber: indozone.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close