Sudah 82 Persen, Vaksinasi Nakes Pekanbaru Ditargetkan Tuntas Akhir Bulan Ini

 


NAFAZNEWS.COM -  Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengungkapkan vaksinasi tenaga kesehatan banyak menemui kendala. Misalnya, pada saat pendaftaran, tidak semua tenaga kesehatan yang ada di Pekanbaru ikut mendaftar.

"Di awal-awal aplikasi juga bermasalah, sehingga belakangan ini pelayanan vaksinasi dibenarkan untuk tenaga kesehatan yang mendaftar belakangan," cakap Zaini, Selasa (16/2/2021).

Lanjut pria yang akrab disapa dr Bob ini, jumlah tenaga kesehatan yang ada di Pekanbaru yang sudah mendaftarkan dirinya untuk menerima vaksin berjumlah 11.260 orang. Namun setelah dihitung secara manual bertambah sekitar 12.000 lebih tenaga kesehatan.

"Dari 12.000 tenaga kesehatan ini sudah lebih 9.000 tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi, atau kalau presentasi 82 persen," jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan saat ini dari 14.674 tenaga kesehatan yang ada di Pekanbaru, ada 4.100 tenaga kesehatan yang tidak bisa menjalankan vaksinasi karena termasuk dalam kategori penyintas Covid-19 dan juga Komorbid atau 14 macam item penyakit.

"Ini menjadi perhatian karena memang dengan jumlah 4.000 lebih ini juga menimbulkan tanda tanya, kemarin kami sudah memerintahkan anggota untuk meminta data rincian Komorbid di masing-masing fasilitas kesehatan yang ada berdasarkan kategori dokter dan perawat," bebernya.

Diskes sendiri sambung Bob, di akhir Bulan Februari ini ditargetkan seluruh tenaga kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan Pekanbaru selesai menjalani vaksinasi.

"Lebih kurang 1.100 tenaga kesehatan yang belum menjalani vaksin, alasan macam-macam. Ada yang terkendala kesehatan dan lainnya, target kami 1 sampai 2 hari ini 1.100 tenaga kesehatan yang belum divaksin selesai menjalani vaksinasi," pungkasnya.(MCR)

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close