Ini Materi UTBK SBMPTN Campuran, Saintek, dan Soshum 2021 Lengkap



NAFAZNEWS.COM - UTBK SBMPTN 2021 akan dilaksankan pada bulan April mendatang. Para peserta pun harus mempelajari materi UTBK Campuran, Saintek, maupun soshum sesuai pilihannya.


Adapun, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 dilaksanakan dengan dua gelombang, yakni gelombang I 12-18 April 2021. Kemudian, gelombang II pada 26 April - 2 Mei 2021.


UTBK SBMPTN 2021 dapat diikuti oleh peserta didik lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 (SMA/SMK/MA dan sederajat), serta lulusan paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan maksimal usia 25 tahun.


Setiap peserta UTBK SBMPTN hanya dapat memilih dua program studi, apakah semuanya dari kelompok Saintek, semua dari kelompok Soshum, atau peserta memilih program studi dari kelompok Saintek dan Soshum.


Apa Saja Materi UTBK 2021?

Dikutip dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), materi yang diujikan pada setiap pesertanya berbeda-beda, sesuai dengan pilihannya, antara campuran, Saintek, atau Soshum.


Materi UTBK 2021 Saintek:

TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)


Materi UTBK 2021 Soshum:

TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)


Materi UTBK Campuran 2021 (Saintek dan Soshum):

TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.


Adapun, TPS adalah Tes Potensi Skolastik yang mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.


Materi TPS yang akan diuji dalam UTBK SBMPTN adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.


Adapun, kemampuan kuantitatif mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. Sebagian soal juga disajikan dalam Bahasa Inggris.


Sementara itu, tidak ada perbedaan pada soal materi UTBK Campuran, Saintek, dan Soshum. Hanya, materi ujian TPS terbagi menjadi 4 sub tes untuk pembobotan pemilihan PTN.


Jangan lupa pelajari materi UTBK Campuran, Saintek, dan Soshum 2021 ya!




Sumber Berita : detik.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close