-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

 


NAFAZNEW.COM - Kodim 0314/lnhil menggelar kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan tahun 2021 kepada seluruh komponen masyarakat di wilayah teritorial Kodim 0314/lnhil di aula Graha Bhakti Kodim 0314/lnhil, jalan Ahmad Yani Parit 9 Tembilahan Hulu, dengan tema mewujudkan Binter TNI-AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan guna membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Senin (29/03/2021).


Kegiatan ini dihadiri oleh para perwira staf Kodim 0314/lnhil, Satpol PP, PPM, PPAD, Menwa, mahasiswa, pelajar, Pramuka, Ormas LBDH dan perwakilan dari masyarakat.


Dalam sambutannya, Dandim 0314/lnhil Letkol lnf lmir Faishal yang diwakili oleh Perwira Seksi Personil Kapten Arh Sugiyono mengatakan bahwa dengan kegiatan seperti ini kita dapat memupuk rasa kebersamaan dan pemahaman kepada bangsa dan negara yang dilandasi oleh Pancasila dan undang Undang Dasar tahun 1945.


Wawasan kebangsaan adalah suatu usaha untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan yang bersatu, berdaulat dalam suatu wilayah NKRI. Wawasan kebangsaan tidak dilandasi oleh asal usul kedaerahan, suku, keturunan, status sosial maupun agama. Secara extisif wawasan kebangsaan dapat bermakna suatu wawasan mementingkan suatu kesepakatan, kesejahteraan, kelemahan dan keamanan bangsanya sebagai titik tolak dalam berfalsafah, berencana dan bertindak.


"Wawasan kebangsaan juga merupakan bagian dari bela Negara dan dibina untuk membentuk sikap serta kepribadian agar tertanam jiwa kebersamaan, jiwa Korsa, loyalitas serta pengabdian tugas dan tanggung jawabnya sebagai warga negara lndonesia dalam turut bela negara sesuai pasal 30 ayat 1 UUD 1945 dan dilandasi Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik lndonesia," ungkap Pasi Pers. 


Hampir di setiap negara, lanjutnya, peranan para pemuda dan seluruh komponen masyarakat sangatlah menentukan pada setiap bidang maupun sektor. Demikian juga dalam hal wawasan kebangsaan.


"Masa depan negara kita adalah tanggung jawab kita bersama, dan para generasi muda serta seluruh komponen bangsa agar senantiasa terus mengisi kemerdekaan ini dengan bekerja keras serta menuangkan pemikiran yang mendorong majunya pembangunan disegala bidang dan sektor serta menjaga keutuhan NKRI dari segala ancaman yang akan merongrong persatuan dan kesatuan bangsa baik yang dari luar maupun dari dalam negeri sendiri," ujarnya. 


Ia mengharapkan kepada generasi muda dan seluruh komponen masyarakat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Negara Republik lndonesia.


"Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa meridhoi dan membimbing kita dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kita masing masing," tukasnya.

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment