Sepatu Setan Isi Darah Ludes Terjual Dalam 60 Detik, Berujung Tuntutan Nike

 

Rapper Lil Nas X. Foto: Jordan Strauss/Invision/AP

NAFAZNEWS.COM - Rapper Lil Nas X sempat menuai kontroversi saat merilis 'Sepatu Setan' yang berisi darah manusia. Rupanya kontroversi tak menyurutkan niat para penggemarnya untuk membeli sneakers Nike Air Max 97s yang sudah dimodifikasi itu.


Sneakers yang hanya diproduksi 666 pasang itu dijual pada Senin (29/3/2021) dan ludes terjual hanya dalam hitungan detik. Seperti diberitakan Daily Wire, sneakers yang diberi nama 'Satan Shoes' tersebut laris kurang dari 60 detik.


Namun kesuksesan penjualan sneakers Lil Nas X berujung konflik. Nike mengambil langkah hukum dengan menuntut produsen pembuat sneakers tersebut, yakni brand streetwear MSCHF Product Studio.


Sebelumnya Nike menyatakan bahwa dia tidak ada keterlibatan dalam pembuatan maupun rancangan desain Satan Shoes. Artinya sepatu tersebut bukanlah produk maupun kolaborasi resmi dengan pihak Nike.


TMZ melaporkan, dalam tuntutannya, Nike melayangkan komplain terhadap MSCHF karena telah menimbulkan kebingungan terhadap konsumen. Perilisan Satan Shoes dengan menggunakan sneakers Nike Air Max 97s telah menipu konsumen yang menganggap kalau sepatu tersebut adalah salah satu produk resmi Nike.


Sementara Nike sudah mengeluarkan pernyataan, ""Nike tidak merancang maupun merilis sepatu ini dan kami tidak mendukung mereka."


Nike mengklaim bahwa MSCHF membeli sepatu dari perusahaannya, kemudian mereka menggandeng artis untuk berkolaborasi dan membuat modifikasi kreatif sendiri. Hasil kolaborasi itu kemudian dijual dengan harga lebih tinggi.


Meskipun sudah dimodifikasi, Nike menyatakan tidak terima, karena penjualan sepatu tidak resmi ini masih terkait erat dengan nama brand. Nike menuntut MSCHF dengan tuduhan pelanggaran hak cipta karena logo 'Swoosh' masih terlihat jelas pada body sneakers 'Satan Shoes'.


Nike pun meminta pengadilan agar memblokade semua penjualan Satan Shoe, yang dibanderol seharga USD 1,018 atau sekitar Rp 14,6 juta.


 



 


Sumber: Detikcom


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close