-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 


NAFAZNEWS.COM - Nabi Muhammad SAW selalu memperbanyak baca Al-Quran saat bulan Ramadhan. Para ulama besar pun mengikuti, hingga mampu khatam Al Qur'an setiap malam pada saat bulan Ramadhan.


Menurut Ustadz Khalid Basalamah, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling baik bagi umat muslim untuk membaca Al-Qur'an dan mendekatkan diri kepada Allah.


"Bagaimana tidak? Di dalamnya ada malam yang lebih baik dari 1.000 bulan, atau setara dengan beribadah 83 tahun 4 bulan. Tentu sangat kemuliaan yang luar biasa. Mari kita lihat potret ulama kita," ujarnya seperti dikutip dari akun Instagram khalidbasalamahofficial, Kamis (15/4/2021).


Ustaz Khalid mengisahkan, Salam bin Abu Muthi‘ mengatakan tentang bagaimana keseriusannya Qatadah dalam membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan: 


كَانَ قَتَادَة يَخْتِمُ القُرْآنَ فِي سَبْعٍ، وَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ خَتَمَ فِي كُلِّ ثَلاَثٍ، فَإِذَا جَاءَ العَشْرُ خَتَمَ كُلَّ لَيْلَةٍ.


“Qatadah biasanya mengkhatamkan Al-Qur’an dalam tujuh hari. Namun jika datang bulan Ramadhan ia mengkhatamkannya setiap tiga hari. Ketika datang sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, ia mengkhatamkan setiap malamnya.” (Syiar A’lam An-Nubala 5/276)


Dan tentu masih banyak potret ulama-ulama lainnya tentang bagaimana semangatnya mereka membaca Al-Qur'an jikalau telah datang bulan Ramadhan, seperti Imam Syafi‘i yang mengkhatamkan 2 kali dalam satu hari.


"Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk beribadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla," ujarnya.


Seperti diketahui, dalam Surat Asy Syura ayat 52, Allah SWT telah menyatakan tentang turunnya Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia.


“Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al- Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al -Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. Asy Syura [42]:52). 



Sumber : Okezone.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment