-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 


NAFAZNEWS.COM - Pengamat Politik dan Demokrasi, Fadhli Harahab menanggapi soal isu perombakan kabinet Jokowi menyusul disahkan dua kementerian baru. Menurutnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok cocok menjadi Menteri Investasi.


Fadhli menilai, Ahok punya kans besar untuk menduduki posisi Menteri Investasi lantaran memiliki segudang pengalaman.


"Kementerian Investasi Ahok cocok sepertinya. Selain berpengalaman, Ahok juga disebut masuk tim perumus ibu kota baru. Di sini peran Menteri diuji bagaimana menarik investor masuk meramaikan ibu kota tanpa melupakan daerah atau provinsi lainnya," ujar Fadhli Harahab.


Selain Ahok, Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) ini juga menyebut nama eks Bupati Banyuwangi Azwar Anas untuk masuk mengisi posisi di kementerian yang baru disahkan DPR RI tersebut.


Menurutnya, nama Azwar Anas cukup berpeluang karena sudah memiliki pengalaman selama memimpin Banyuwangi dari sisi UMKM dan pariwisata.


Ia pun menilai, Azwar Anas sudah saatnya diaplikasikan di wilayah yang lebih besar atau di taraf nasional.


"Pembangunan Banyuwangi hari ini tak lepas dari perannya sebagai kepala daerah, mengembangkan UMKM dan pariwisata," ungkap Fadhli.


Akan tetapi, kata Fadhli, terkait hal itu semua tentunya dikembalikan ke Jokowi lantaran perombakan menteri kabinet merupakan hak prerogatif presiden.


Mengutip Hops.id, Kamis 15 April 2021, Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin punya pendapat lain berkaitan dengan sosok yang kiranya punya peluang untuk mengisi pos Menteri Investasi.


Bukan Ahok maupun Azwar Anas, Ujang menyebut nama Kepala Badan Koordinasi Penananaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia cocok menjadi Menteri Investasi.


"Karena kita tahu Kementerian Investasi itu dibuat untuk menaikkan kelas BKPM. BKPM-nya hilang diganti Kementerian Investasi," ujarnya.




sumber: terkini.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment